Uc Banner

STOP! Hentikan Kebiasaan Menjemur Pakaian Didalam Rumah. Ini 5 Bahaya Yang Mengancam Kesehatan Anda

RadarIslam.com ~ Menjemur pakaian pada umumnya dilakukan di luar rumah. Namun, karena keterbatasan tempat atau karena faktor cuaca, menjemur sering kali berpindah ke dalam rumah. Dan bagi kebanyakan orang akan mengira hal tersebut biasa-biasa saja, tidak akan berdampak apa-apa.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan menjemur pakaian – termasuk menjemur handuk – di dalam rumah merupakan suatu kebiasaan yang bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan?
Banyak yang berpikiran bahwa walaupun menjemur di dalam rumah, yang penting pakaian ataupun handuk yang dijemur dapat kering. Padahal, ketika Anda menjemur pakaian ataupun handuk Anda di dalam rumah, bahaya sedang mengintai kesehatan Anda.

1. Pemicu Kanker
Bahan kimia yang digunakan untuk mencuci baju, baik detergen maupun pelembut, mengandung senyawa kimia. Senyawa kimi ini memiliki tingkat acetaldehydes atau pemicu kanker yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ketika mengeringkan baju di dalam ruangan, uap dari senyawa kimia tersebut akan terperangkap dan terhirup lebih mudah.

2. Jamur Penyebab Penyakit

Perlu Anda ketahui, pakaian ataupun handuk basah yang Anda jemur di dalam rumah akan meningkatkan kelembapan rumah Anda hingga 30%. Ruangan atau rumah yang lembap akan menyebabkan bakteri dan jamur berkembang biak dengan baik. 
Oleh karena itu, hal ini mungkin saja dapat menyebabkan Anda terserang asma ataupun kondisi alergi lain. Pasalnya, jamur pencetus penyakit akan tumbuh subur karena Anda menjemur pakaian di dalam rumah.
Jamur yang sering timbul akibat menjemur di dalam rumah adalah Aspergillus dan Stachybotrys Chartarum. Stachybotrys Chartarum dikenal sebagai jamur beracun. Orang yang memiliki daya tahan tubuh kuat mungkin akan bisa melawan ancaman infeksi yang dapat ditimbulkannya, namun tidak demikian dengan orang dengan daya tahan tubuh rendah – seperti anak-anak. Bahkan Pada sebagian orang, spora jamur yang terhirup tersebut juga bisa memicu infeksi paru-paru sedang hingga serius. Khususnya bagi penderita alergi, seperti asma, lebih rentan terkena infeksi paru akibat terpapar jamur Aspergillus.
.
3. Jamur Beracun
Jenis jamur yang disebut sebagai stachybotryschartarum kerap kali ditemukan di antara sekat lantai dan bingkai jendela. Jamur ini berbahaya karena bersifat racun.

4. Timbulnya Asma

Mengeringkan baju di dalam ruangan dapat meningkatkan jumlah debu yang juga berisiko untuk membentuk spora jamur. Akibat, sesak napas dan asma bisa timbul.

5. Melemahkan Sistem Imun

Efek dari kelembaban yang muncul akibat mengeringkan baju di dalam ruangan dapat terlihat langsung maupun tidak. Batuk, lelah, atau iritasi mata bisa menjadi salah satunya. Hal ii pun menandakan sistem imun sedang melemah.
Jadi mulai sekarang hentikan kebiasaan menjemur pakaian di dalam rumah, apalagi membiarkan pakaian basah tergantung hingga mengering sendiri di dekat ruang aktivitas putra-putri anda. Setidaknya taruhlah di tempat khusus di luar ruangan terbuka yang terlindung dari hujan, atau ruang dekat jendela yang cukup ventilasi udaranya dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Sumber:
-
laman Boldsky, Kamis (29/1/2015) – dikutip Liputan6.com
-
dr. Kartika Mayasari Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umumdimuat di KlikDokter.com
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :