Uc Banner

Dahsyat!! Peneliti Ini Habiskan Waktu 20 Tahun untuk Temukan Lagu Abad Pertengahan


RadarIslam.com ~ Siapa yang tidak suka musik? Tidak sedikit yang bilang bahwa musik merupakan bahasa yang mewakili isi hati seseorang. Musik menjadi bahasa universal yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Meskipun demikian, musik yang pernah diciptakan bisa saja menghilang seiring berjalannya waktu.
Hal ini disadari benar oleh seorang peneliti dari University of Cambridge. Ia menghabiskan 20 tahun untuk menemukan kembali sebuah lagu yang berjudul “Song of Consolation”. Lagi ini menggunakan simbol-simbol yang ada pada abad pertengahan sebagai pengganti notasi musik. Saat lagu tersebut dipentaskan, puisi seorang filosof bernama Romawi Boethius yang berjudul “The Consolation of Philosopy” juga dibacakan.


Mementaskan karya kuno bukanlah sesuatu yang mudah sebab pementasan bukan hanya terbatas pada memainkan notasi pada lembaran musik. Pada abad pertengahan, musik ditulis dengan menggunakan melodi, bukan notasi seperti sekarang. Setelah rangkaian melodi selesai, musik tersebut diperdengarkan melalui ingatan kenangan. Kebiasaan ini dilakukan ratusan tahun silam sehingga sangat sulit untuk memahami musik seperti itu. Orang-orang tidak akan mengetahui tinggi rendahnya (Pitch) nada pada musik yang dimainkan.

Tidak mengherankan jika seorang dosen musik  di university of Cambridge bernama Sam Barrett memerlukan waktu hampir 2 dekade untuk bisa mengenal melodi dan teknik musik pada lagu “Song of Consolation”.

Namun Barret tidak bekerja sendirian. Dia mengajak seorang anggota grup musik bernama Benjamin Bagby. Bagby adalah anggota dari Sequentia, grup musik yang sangat tertarik dengan lagu-lagu abad pertengahan. Barret dan Bagby menguji teori musik abad pertengahan dengan musik yang sudah disediakan.

“Ben memainkan beberapa kemungkinan dan saya akan memberikan respon. Saat dia memainkan lagu-lagu pada abad ke 11, saya rasa itu sangat sensasional. Dia memecahkan teka-teki intelektual yang sempat membuat saya frustasi selama beberapa tahun,” ungkap Barrett.

Barrett dan Bagby mengalami sebuah kesulitan saat menjalankan penelitian yaitu ada halaman yang hilang dari naskah abad ke-11. Naskah ini sering disebut “Cambridge Songs”. Padahal halaman ini mengandung notasi penting yang menjadi kunci untuk memahami prinsip-prinsip musik pada abad pertengahan.

Barrett merasa seperti sedang berada di abad ke-11 ketika dia meneliti musik ini (*)

sumber: dream.co.id 
Judul Asli: Jadi Teka-Teki 2 Dekade Lagu Berusia 1000 Tahun. Ternyata.

Anda bisa mendengarkan kutipan dari lagu kuno tersebut dalam video di bawah ini:

Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :