Uc Banner

Hindari Jilat Bibir Saat Kering, Ini Resiko Dan Cara Mudah Mengatasinya



Radarislam.com ~ Apakah anda sering mengalami bibir kering? Kalau iya, apa yang biasa anda lakukan untuk mengatasinya? Kondisi bibir kering bisa terjadi karena seseorang terlalu lama berada pada ruangan yang menggunakan AC. Bisa juga disebabkan karena faktor-faktor yang lain seperti paparan sinar matahari, perubahan suhu udara, atau menderita penyakit tertentu.

Biasanya saat mengalami bibir kering, orang  cenderung membasahi bibirnya dengan cara menjilat bibir tersebut. Apakah anda juga melakukan hal yang sama? Jika iya, hentikan segera sebab menjilat bibir kering akan membahayakan kesehatan dari bibir anda sendiri.

Bibir yang dijilat dengan air ludah malah akan menyebabkan bibir tersebut menjadi kering karena ludah pada bibir anda akan menyebabkan air liur tersebut mengambil kelembapan dari permukaan bibir saat liur mengering. Di samping itu, menjilat bibir saat bibir kering bisa membuat bakteri dalam mulut pindah ke bibir dan terkadang ini bisa menyebabkan luka di sudut bibir. Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan menjilat bibir entah itu ketika bibir kering, pecah-pecah atau hanya sekedar refleks saja.

Jika anda ingin membuat bibir sehat dan bebas dari resiko bibir kering, lakukan hal-hal berikut ini:
  • Pakai pelembap untuk bibir atau lip balm khususnya yang mengandung dimenthicone dan petrolatum.  Gunakan pelembab bibir ini sebelum memakai lipstik dan bukan sesudahnya. Jika tidak memakai lipstik, kadang sebagian orang juga bisa mengolesnya dengan madu.
  • Minum air putih yang cukup.  Ternyata meminum air putih yang cukup tak hanya membuat kulit menjadi lembap tetapi juga baik untuk kesehatan seluruh tubuh termasuk bibir. Lebih bagus lagi jika anda menggunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya agar bibir bisa terlindungi dari sinar ultraviolet.
  • Yang paling penting dan perlu untuk diingat adalah jangan sesekali mengelupas kulit bibir yang telah kering. Ini akan menimbulkan rasa sakit dan akan meningkatkan resiko bibir terserang infeksi tambahan. Tanpa harus dikelupas sekalipun, nantinya kulit bibir yang telah kering akan dengan sendirinya terkelupas jika lapisan di bawahnya sudah muncul.

Itulah yang harus dilakukan saat bibir kering.  Konsultasikan kondisi tersebut jika merasa ada gangguan kesehatan yang menyertainya (*).

Baca Juga:
- 4 Amalan Ini Pahalanya Menyerupai Pahala Mati Syahid
- Kisah Perdebatan Abu Nawas Dengan 10 Abu Wahabi

Sumber: klikdokter.com
Judul Asli: Bibir Kering Jangan Dijilat
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :