Uc Banner

Type Hobby Wanita Yang Harus Dihindari Dijadikan Istri



RadarIslam.com ~ Sebagai agama yang paling sempurna, Islam mengatur segala aspek dalam kehidupan umatnya. Dilain sisi, Allah juga telah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Dan setiap pasangan harus mau menerima kekurangan satu sama lain. Karena tidak ada manusia yang sempurna.
Dalam hal memilih pasangan hidup, dalam Islam sangat dianjurkan bagi para pria untuk memilih wanita yang baik dan taat agamanya. Demikian pula bagi kaum wanita, dianjurkan untuk memilih pria yang baik dan taat agama sebagai pasangan.
Di samping itu, dianjurkan pula bagi para pria untuk tidak memilih wanita dengan beberapa karakter berikut ini:

1. Berbohong di setiap waktu
Islam sangatlah membenci perbuatan berbohong. Hal ini dikarenakan berbohong dapat mengantarkan kita pada perbuatan dosa yang lebih besar. Mungkin, awalnya ia hanya berbohong masalah kecil saja, tapi untuk menutupi kebohongan tersebut ia dapat melakukan perbuatan berbohong yang lebih besar lagi. Apabila seorang wanita senang berbohong maka hubungan suami istri tidak akan terjalin dengan baik karena tidak adanya keterbukaan satu sama lain. Bahkan kebohongan ini dapat menimbulkan adu domba antara suami dan istri. Inilah wanita yang haram dinikahi.

2. Sering foya-foya dan berpesta
Ketika memilih wanita, seharusnya laki-laki juga harus memperhatikan hobi ini. Seorang wanita yang suka berpergian ke pesta dan berfoya-foya maka dapat mengganggu tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Wanita ini biasanya lebih suka untuk pergi dan berkumpul dengan teman-temannya tanpa melakukan tugasnya sebagai seorang istri ataupun ibu. Pekerjaan rumah yang seharunya dikerjakan akan ditinggalkan. Hal ini bertentangan dengan ajaran Islam yang mengharuskan seorang wanita untuk mengurusi urusan rumah tangga sebagai ibu atau istri. Jangan sampai karena salah memilih wanita ini, kita tidak mendapatkan hubungan pernikahan yang sempurna, bahkan bisa jadi pernikahan tidak bertahan lama.

3. Selingkuh tanpa pandang bulu
Setiap orang pasti menginginkan pasangan yang setia. Hati seseorang akan sangat terluka jika pasangannya telah berkhianat dengan orang lain. Sebagai pasangan suami istri, seharusnya kita dapat saling menjaga komitmen agar hubungan dapat terjalin secara harmonis. Apabila salah satu pasangan melakukan perselingkuhan maka sudah dipastikan bahwa hubungan pernikahan tidak terjalin secara sehat, bahkan dapat menimbulkan perceraian. Kebiasaan berbohong yang dilakukan dapat dijadikan salah satu senjata untuk menutupi perselingkuhan ini. Oleh karena itu, kita harus bisa melihat apakah pasangan kita setia atau tidak. Hal ini juga diatur oleh Islam. Islam melarang seseorang yang sudah menikah untuk berhubungan dengan lawan jenis yang bukan mahram. Inilah sifat wanita yang tidak boleh dinikahi.

4. Suka mem-bully
Baik wanita ataupun laki-laki tidak diperbolehkan melakukan kekerasan fisik maupun psikologis pada orang lain. Seorang wanita yang berani melakukan hal ini maka bisa jadi dilakukan oleh suami dan anaknya kelak. Oleh karena itu, hindarilah wanita yang tidak boleh dinikahi yang seperti ini karena pernikahan yang akan terjalin tidak akan bertahan lama bahkan dilengkapi dengan kekerasan fisik atau psikologis.

5. Sering berbelanja menghabiskan uang atau materialistik
Meskipun uang bukan segalanya, tapi uang juga cukup penting dalam kehidupan. Sebagian besar wanita bersedia menikah dengan laki-laki karena harta yang dimilikinya. Seorang laki-laki harus berhati-hati dalam memilih wanita. Jangan sampai terjebak pada wanita yang materialistik. Wanita seperti ini biasanya hanya menginginkan harta sang suami. Apabila keadaan ekonomi suami sedang turun, maka tidak ada yang menjamin jika istrinya akan tetap mendampinginya. Wanita ini biasanya kurang tulus dalam mencintai pasangan hidupnya dan lebih berorientasi pada harta atau materi.

6. Durhaka Kepada Orang Tua
Ini adalah point yang paling krusial dan harus diperhatikan. Sebagai anak, kita wajib berbakti kepada orang tua. Karena ridlo Allah tergantung ridlo orang tua kita, terutama Ibu. Bahkan dalam salah satu hadist Nabi dikemukakan bahwa Surga Itu Berada di bawah telapak kaki Ibu. Yang menunjukan betapa pentingnya patuh dan membahagiakan orang tua.
Jika ada seorang wanita berani melawan orang tua, dipastikan kelak hidupnya tidak akan berkah. Karena salah satu dosa yang paling besar setelah menyekutukan Allah adalah dosa durhaka kepada orangtua. Tipe wanita seperti ini kemungkinan dia juga tidak akan mau patuh terhadap suami. Ia biasanya juga ingin selalu tampil dominan dalam keluarga, selalu memerintah bahkan juga tak akan segan-segan melawan suaminya. Suatu hal yang sangat dilarang dalam agama Islam.


Demikian agama melarang menikahi wanita dengan hobi seperti yang diuraikan diatas. Sebenarnya, kriteria tersebut tidak hanya berlaku untuk kaum perempuan saja, tapi sebaliknya juga untuk lelaki. Karena bagaimanapun juga, seorang suami akan menjadi imam dalam rumah tangga. Harap diperhatikan ketika memilih pasangan hidup karena akan berimbas kepada kelangsungan rumah tangga itu sendiri. Lebih daripada itu, kelak juga akan dipertanggung jawabkan di akhirat.
Wallahu 'alam
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :