Uc Banner

Kenali 3 Faktor Yang Menurunkan Kesuburan Pada Pria

RadarIslam.com ~ Selama ini bila sepasang suami istri tidak mampu memiliki keturunan, tak jarang pihak istrilah yang dipersalahkan. Ia dianggap sebagai pihak yang mandul sehingga tidak mampu melahirkan keturunan. Padahal, problem kemandulan bukanlah monopoli kaum wanita. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. 

Kesuburan seseorang sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah berat badan. Pada beberapa penelitian telah ditemukan bahwa kegemukan atau obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa pada pria-pria yang obesitas terjadi hal-hal sebagai berikut:
  1. Jumlah sperma yang lebih sedikit
  2. Mempengaruhi komposisi sperma sehingga dapat mempengaruhi fungsi dan hasil pembuahan
  3. Selain itu, pada pria obesitas terjadi perubahan keseimbangan hormon testosteron sehingga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual dan performa seksual serta gangguan ereksi (disfungsi ereksi).
Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi? Berikut 3 Faktor yang turukan kesuburan pria seperti yang dilansir laman klikdokter.com

1. Gangguan Hormon
Pada pria obesitas, ditemukan adanya penurunan hormon  testosteron dan peningkatan hormon estrogen (hormon kewanitaan). Hal ini sangat berpengaruh pada proses pembentukan sperma, sehingga jumlah dan kualitas dapat menurun. Gangguan keseimbangan hormon ini juga dapat mempengaruhi aktivitas seksual seorang pria. Menurunnya gairah dan performa serta adanya gangguan ereksi dapat mengganggu kualitas hidup pria dan menurunkan kemungkinan kejadian kehamilan.

2. Peningkatan Suhu
Pada dasarnya, proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentukan sperma yang kurang baik pada pria juga diduga karena adanya peningkatan suhu di daerah genital karena jumlah lapisan lemak yang meningkat di daerah perut dan genital. Peningkatan suhu di daerah sekitar testis telah diteliti dapat menyebabkan menurunnya gerakan sperma, meningkatnya kerusakan sperma dan menurunnya fungsi sperma untuk pembuahan. Gaya hidup tidak sehat dan tidak aktif, lebih sering duduk dan penumpukan lemak di sekitar perut merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan suhu di sekitar testis.

3. Pengaruh Tidak Langsung dari Perubahan Tubuh
Kegemukan pada pria juga menyebabkan berbagai perubahan dalam tubuh dan penyakit yang turut menyumbang ketidaksuburan. Misalkan, terjadinya peningkatan gula darah dan hormon insulin dalam tubuh pria yang kegemukan ternyata dapat menyebabkan penurunan jumlah dan kualitas sperma. Risiko meningkatnya penyakit kardiovaskular juga terkait dengan meningkatnya kejadian disfungsi ereksi yang diakibatkan penyakit kardiovaskular.

Jadi, tunggu apalagi? Mulailah gaya hidup sehat hari ini dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga teratur!

Sumber: klikdokter.com
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :