Uc Banner

Awas! Mandi Pagi dan Sore Ternyata Tidak Baik

Radarislam.com ~ Kebanyakan dari kita mungkin setuju, jika seseorang mandi minimal 2 kali sehari, maka tubuh akan menjadi semakin bersih. Terlebih jika mandi menggunakan sabun, maka itu bisa membasmi bakteri dalam tubuh. Padahal, mandi tiap pagi dan sore sama sekali tidak menyehatkan badan.

Howstuffworks, Jumat (31/7/2015) memberitakan bahwa sebuah studi medis meneliti bukti berkaitan dengan manfaat sabun. Hasil dari studi tersebut mengatakan bahwa sabun hanya bisa melawan kuman tetapi tidak bisa membasmi kuman. Justru sisa-sisa sabun bisa mencemari lingkungan dan menjadi limbah.

Untuk alasan ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) membatasi pasiennya untuk mandi, khususnya sebelum operasi.

Mandi secara teratur memang baik untuk menjaga kebersihan diri. Namun terlalu sering mandi malah dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Asisten profesor kedokteran di divisi dermatologi di University of California, Dr Casey Carlos berpendapat, mandi setiap hari bisa menyebabkan kulit kering. Ditambah lagi bila scrubbing, maka kulit akan bisa kehilangan minyak esensial dan lipid.

Setiap kali mandi menggunakan sabun maupun perangkat lain seperti loofah akan merusak lapisan terluar dari permukaan kulit Anda (stratum korneum). Menggunakan air hangat saat mandi juga demikian.

“Tidak perlu mencemaskan sel kulit akan mati karena justru bila terlalu sering mandi, kulit akan menjadi kering, pecah-pecah, dan cenderung iritasi,” ujar Carlos, mengutip Dailymail.

“Sebaiknya, mandi menggunakan air hangat dan cepat saja tidak perlu berlama-lama. Kemudian, pakai handuk yang lembut untuk mengeringkan tubuh  dan memakai lotion pelembab,” ucapnya.


Baca Juga:
- Ketahuilah, Aku Juga Bisa Menikmati Kecantikan Istrimu
- Kisah Nyata Di Bulan Sya'ban Yang Patut Direnungkan


Sumber: health.liputan6.com
Judul Asli: Mandi Tiap Pagi Dan Sore Ternyata Nggak Sehat, Lho
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :