Uc Banner

Hati-hati Bahaya Cuci Daging dan Ayam Mentah, Begini Langkah Yang Aman!

Radarislam.com ~ Daging tentu menjadi santapan yang biasa dimakan sebagian orang. Sebelum memasak daging, biasanya daging tersebut dicuci terlebih dahulu supaya bersih. tapi tahukah anda kalau mencuci daging ternyata berdampak buruk untuk kesehatan?

Bagaimana bisa berdampak tidak baik? Banyak orang tidak paham kalau mencuci daging mentah sebelum dimasak bisa menyebabkan penyakit. jika kebiasaan mencuci daging ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin penyakit  berbahaya menyerang. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa bakteri jahat pada daging mentah bisa menyebar ke pakaian maupun peralatan dapur.

Jennifer Quinlan dari Departemen Pertanian AS juga membenarkan jika mencuci unggas mentah bisa sangat berbahaya karena meningkatkan penyebaran bakteri di dapur.

"Mencuci unggas tidak akan menyingkirkan bakteri di dalamnya, justru ada kemungkinan bahwa bakteri akan tersebar atau disebut juga aerosolisasi (red. Aerosolisasi terjadi ketika virus ada di udara, hal ini membuat virus mudah terhirup manusia)," kata Quinlan dalam sebuah video yang didapat dari laman Foxnews.

Singkatnya, mencuci daging mentah merupakan praktek yang tidak aman karena dapat menyebabkan kontaminasi bakteri pada makanan lain.

Lantas bagaimana mengolah daging dan ayam mentah supaya tidak menimbulkan penyakit?

Daging memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti vitamin B6, B3, B5 dan vitamin A. Tentu akan sangat sayang kalau kandungan nutrisi yang banyak itu hilang begitu saja.

Untuk dapat mengolah daging atau ayam mentah dengan baik, lakukan 3 langkah di bawah ini:

1. Sebelum dan setelah menyentuh daging atau ayam mentah dan peralatan masak, cuci tangan terlebih dahulu dengan  air hangat dan sabun. Gunakan handuk bersih untuk memutar tutup keran dan mengeringkan tangan.

2. Untuk menghilangkan kotoran, cuci produk daging ayam dibawah air yang mengalir ditempat yang terpisah, misalnya di keran luar/ belakang rumah. Hal ini akan mengurangi bakteri mengontaminasi perabotan rumah tangga termasuk bahan makanan lainnya.

2. Pisahkan peralatan yang digunakan untuk mengolah daging mentah dan yang digunakan untuk mengolah sayur dan buah-buahan agar bakteri pada daging tidak menyebar pada makanan yang lainnya.

3. Ayam atau daging direbus selama 10 menit saja, air rebusan dibuang dan rebus lagi bahan lain dengan air yang baru.

Baca Juga:
- Kisah Gadis Belia 15 Tahun Yang Nekat Lamar Pemuda 24 Tahun
- Subhanallah, Anak Pendeta ini Putuskan Masuk Islam Dan Jadi Penghafal Alquran


Sumber: health.liputan6.com

Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :