Uc Banner

Hobby Makan Banyak Tapi Ingin Tetap Langsing? Ini Solusinya

Radarislam.com ~ Bentuk badan yang ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang dapat menahan nafsu makan sehingga berat badan mereka naik drastis. Tapi jangan khawatir, karena seseorang bisa tetap kurus meskipun mengkonsumsi banyak makanan tanpa diet mati-matian.

Ingin tahu caranya? Simak tips-tips seperti yang dilansir kompas.com berikut ini:

1. Aktif Olahraga

Mengurangi porsi makanan memang agak sulit untuk sebagian orang. Diet baru sekali, otak sudah membayangkan tentang makanan yang lezat dan itu terjadi seharian penuh. Tentu ini menyiksa. Apakah anda tipe orang seperti ini? Maka sebaiknya mulai sekarang lebih aktif lagi berolahraga. Lakukan olahraga minimal 150 menit setiap minggunya.

2. Terapkan aturan crowding out
Saat makan, penuhi piring Anda dengan makanan sehat terutama sayur-sayuran. Dengan cara seperti ini, hanya tersisa sedikit tempat bagi makanan tidak sehat. Strategi ini disebut crowding out, dan ahli gizi, pelatih kesehatan, dan atlet menggunakannya sebagai alternatif untuk diet tradisional.

Agar bisa sukses menerapkan aturan crowding out, Anda harus terlebih dulu menyukai makanan sehat. Perlahan-lahan, cobalah mengganti kebiasaan makan keripik kentang dan tart cokelat menjadi makan alpukat dengan saus salad rendah gula dan kalori atau stroberi denhan dark chocolate.

Satu studi Eropa menemukan perlu waktu setidaknya 18 hari untuk membentuk kebiasaan makan yang baru.

3. Menambahkan sesuatu yang manis
Untuk bisa kurus, seseorang dapat menambahkan cita rasa manis dalam makanan utama seperti saus atau lauk yang manis. Ini perlu dilakukan agar tubuh bisa menahan diri memakan hidangan penutup yang manis dan tinggi kalori.  Misalnya dengan memakan pir atau apel. Makan buah yang manis dapat menahan seseorang mengkonsumsi puding atau kue yang mengandung gula.

Baca Juga:
- Subhanallah, Anak Pendeta ini Putuskan Masuk Islam Dan Jadi Penghafal Alquran
- Terbongkar! Ini Alasan Jasad Osama Tak Pernah Ditunjukkan


Pada dasarnya makan adalah kebutuhan manusia, menahan nafsu makan hanya akan menyebabkan seseorang menjadi frustasi. Makanan juga merupakan bahan bakar bagi tubuh sekaligus sumber energi. Jangan hanya karena ingin kurus, anda mengurangi porsi makan dengan ketat. Tempuh cara yang lain. Selamat mencoba.
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :