Uc Banner

Ingin Menikah Muda? Siapkan Ini Dulu

Radarislam.com ~ Saat ini banyak pasangan yang ingin menikah di usia muda. Tidak ada yang salah dengan keputusan tersebut karena sebagian besar hanya ingin meresmikan hubungan mereka. Keputusan menikah muda diambil atas dasar cinta. Permasalahan terjadi saat pasangan ini mengalami permasalahan. Tanpa pikir panjang, mereka memutuskan untuk bercerai.  Keputusan tersebut tentu sangat disayangkan.
"Tidak bisa disalahkan, memang nyatanya banyak orang yang menikah muda tapi lebih cepat cerai, tapi itu hanya efek lain dari menikah muda di usia muda," ujar Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog seperti yang dilansir Kompas.com, saat ditemui dibilangan Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2016).

Nana menambahkan, ketika orang ingin menikah muda tentu harus melihat dari usia fisik dan usia mental, sebab hal ini berbeda. Jika usia fisik masih tergolong muda tapi siap secara mental, Anda boleh menikah muda. Namun jika Anda hanya siap di usia fisik, namun belum siap dalam usia mental, lebih baik Anda persiapkan mental Anda dahulu.

Orang yang ingin menikah di usia muda sebenarnya sah-sah saja. Namun, Anda yang ingin menikah di usia muda harus memerhatikan mental Anda. Apakah Anda sudah siap untuk berkeluarga? Apakah siap menjadi seorang istri? Dan tanyakan hal lainnya pada diri Anda sendiri, agar mengetahui sejauh mana kesiapan mental yang dimiliki.

"Jika mau menikah muda, balik lagi ke kesiapan mental masing-masing, tujuan menikah, dan juga kesiapan ekonomi, lihat secara ekonomi, sudah mampu atau belum," tambah Nana.

Umumnya, jika seseorang menikah dan belum siap secara ekonomi, mereka akan dibantu oleh orangtua, berarti orang tersebut belum matang secara ekonomi. Sebab, ketika Anda sudah berumah tangga apalagi memiliki anak, membutuhkan banyak pengeluaran, untuk itu Anda harus memiliki sumber pemasukan.

Selain itu, Nana pun menjelaskan bahwa jika seseorang menikah diumur yang terlalu muda, hal itu juga dapat berpengaruh pada kesehatan. Sebab, anak di bawah usia 20 tahun secara anatomi belum mampu mempunyai anak, karena semua organ reproduksi baru terbentuk dan belum matang untuk dibuahi.

Baca Juga:
- Hukum Mencabut Uban Dalam Islam Dan Kajian Menurut Medis
- Naudzubillah, Mahasiswi ini Pakai Hijab Tapi Malah Umbar Foto Pamer Payudara! Maksudnya Apa?


Sebelum menikah memang sangat penting untuk melakukan persiapan, termasuk persiapan mental. Nana menegaskan bahwa jika seseorang sudah siap secara mental untuk menikah, kemungkinan besar dia sudah siap juga mendapatkan seorang anak dan anak tersebut nanti akan menjadi produk yang bagus. (*)
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :