Uc Banner

Ini Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah Yang Patut Kita Tiru

Radarislam.com ~ Sebagai Rasul terakhir, Nabi Muhammad SAW sering dijadikan panutan oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Segala yang berhubungan dengan keseharian Rasulullah SAW dimuat dalam hadis sahih yang diriwayatkan oleh Muslim dan Bukhari. Melalui hadits-hadits tersebut, umat muslim bisa menjadikan beliau teladan dalam keseharian termasuk cara menjaga kesehatan.

Rasulullah SAW selain dikenal sebagai penyampai risalah juga seringkali dipercaya sebagai dokter terbaik. Cara Rasul menjaga kesehatan memang layak ditiru. Sebagai umat muslim, ada baiknya jika kita mencontoh bagaimana Rasulullah SAW merawat kesehatan. Bahkan mereka yang non muslim sekalipun sering menerapkan cara-cara hidup sehat ala Rasulullah SAW tersebut. Apa saja cara hidup sehat ala beliau? Simak ulasannya Seperti yang dilansir laman bintang.com (14/04/16) sebagai berikut:
  1. Saat pagi hari sebelum beraktivitas, Rasulullah membersihkan giginya dengan siwak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siwak dapat menjaga kebersihan mulut dan gigi.
  2. Biasanya Rasulullah SAW sarapan dengan air yang dicampur dengan madu. Hal ini ternyata dapat mencegah sembelit dan menyehatkan pencernaan.
  3. Menjelang waktu Dhuha, Nabi Muhammad SAW makan kurma yang sudah matang sebanyak 7 butir. Belakangan diketahui bahwa kurma berguna sebagai sarana detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh.
  4. Sebagai camilan, Nabi Muhammad SAW lebih suka menyantap roti yang diolesi oleh minyak zaitun yang dicampur cuka. Campuran keduanya bisa menghancurkan kolesterol dan mencegah terjadinya kanker.
  5. Rasulullah juga gemar menyantap sayur-sayuran. Wajar saja beliau jarang sakit karena banyak sekali manfaat dari sayur mayur.
  6. Nabi Muhammad SAW tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau biasanya beraktivitas lebih dulu sebelum tidur malam entah membaca atau berbincang dengan orang lain. Tujuannya tentu saja agar makanan yang telah disantap bisa dicerna dengan baik.
  7. Tips kesehatan ala Rasulullah yang penting antara lain olahraga untuk menggerakkan badan. Olahraga yang dilakukan oleh beliau terbilang ringan yaitu dengan bermain bersama cucu dan mengajak mereka lomba lari. Aisyah, istri Rasulullah SAW, diajak lomba lari agar badan tetap sehat dan tidak lemas.
  8. Berbeda dengan masyarakat modern kebanyakan, Rasulullah jarang sekali begadang jika tidak ada kepentingan. Kalaupun harus begadang, beliau akan minum banyak air putih.
Baca Juga :
1.  Subhanallah, Jasad Sahabat Nabi Yang Syahid Pada Masa Perang Uhud Masih Utuh! Chek Juga Videonya
2. Masya Allah, Ternyata Van Damme Meneladani Cara Sehat Rasulullah SAW. Ini Videonya!


Setelah diamati ternyata pola hidup Rasulullah SAW mirip dengan irama biologi atau circadian rhytme yang merupakan siklus pencernaan manusia yang sering dianjurkan para pakar kesehatan. Luar biasa sekali ya? Cobalah mempraktekkan sekarang juga.(*)


Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :