Uc Banner

Masya Allah, Inilah Khasiat dari Minuman Kesukaan Rasulullah

Radarislam.com ~ Rasulullah SAW merupakan panutan dan teladan terbaik bagi umat muslim. Tidak hanya dalam hal ajaran agama saja, melainkan juga panutan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap hidup Rasulullah pun juga sering ditiru oleh ummatnya termasuk dalam hal makanan dan minuman yang disantap oleh beliau.

Aisyah Radhiyallahu anha menuturkan “Minuman yang paling disukai oleh Rasulullah ialah yang dingin dan manis” (HR. Ahmad)

Minuman dingin dan manis ini diterangkan sendiri dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah

“Kamu membuat minuman untuk Rasulullah SAW dalam bejana minum; kami ambil segenggam kurma atau kismis dan memasukkannya ke dalam bejana tersebut kemudian menuangkan air ke dalamnya. Kami membuatnya di waktu pagi lalu beliay meminumnya di waktu sore dan jika kami membuatnya di sore hari beliau meminumnya di waktu pagi.” Abu Mu’awiyah berkata, “(membuatnya) di waktu siang dan meminumnya di malam hari atau (membuatnya) di malam hari dan meminumnya di siang hari.”



Bisa diterangkan bahwa dalam hadis di atas cara membuat minuman favorit untuk Rasulullah yaitu mengambil segenggam kurma 3 butir (sesuai selera, jika ingin lebih manis tambahkan kurma), tuangkan air di dalam gelas atau tempat yang telah diisi kurma tersebut (jumlah air sesuai dengan selera), kalau membuat pada pagi hari bisa diminum sore hari dan sebaliknya. Ingat, keadaannya harus dalam tertutup rapat. 


Larangan membuat minuman sari buah kurma yang harus diingat antara lain: 


1.    Bahan tidak boleh dicampur
Sebuah hadits riwayat Muslim mengatakan “Rasulullah SAW bersabda:’Janganlah kalian membuat perasan nabidz dengan mencampur antara kurma muda dengan kurma segar (sudah masak), atau antara anggur dengan kurma masak tetapi hendaklah kalian buat dengan sendiri-sendiri (tidak dengan mencampurnya).” 


2.    Jangan diminum setelah 3 hari
Hadits riwayat Ibnu Majjah menjelaskan bahwa “Rasulullah SAW biasa dibuatkan perasan zabib (buah kismis), kemudian beliau meminumnya pada hari itu. Besok hari dan lusa sampai sore di hari ketiga, kemudian beliau menyuruh untuk membuangnya dan menumpahkannya”

Khasiat minuman manis dari rendaman kurma

Air rendaman yang menggunakan bahan kismis atau kurma dikenal sebagai air nabeez. Kurma atau kismis direndam dalam air yang sudah masak selama satu malam dalam wadah tertutup dan minum keesokan paginya.

Air nabeez adalah minuman yang mengandung alkali sehingga bisa menolong membuang kelebihan asam dalam perut dan memulihkan kembali sistem pencernaan dalam tubuh. Air ini dapat membantu badan untuk menyingkirkan toksin yang berbahaya dalam tubuh atau istilahnya detoksifikasi.

“Air Nabeez tinggi akan kadar fiber jadi dia bisa membantu proses pencernaan yang baik dan bisa meningkatkan ketajaman fikiran sehingga yang meminumnya tidak akan mudah lupa. Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa dalam kitab Zaadul Ma’ad kalau ada dua sifat dalam satu minuman yaitu manis dan dingin, maka bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh, membantu proses pencernaan dan penyaluran saripati makanan dengan sempurna seperti membunuh bibit penyakit di lambung, mencuci dan mencairkan dahak.”

Manfaat lainnya yaitu dengan menetralisir sisa-sisa makanan dan menstabilkan kehangatan lambung. Air ini juga berguna bagi ginjal, hati dan kandung kemih.

Baca Juga:
-
Hukum Meminum Air Susu Istri Dalam Islam 
- Subhanallah! Bayi Lahir Bawa Alqur'an, Sang Ibu Non Muslim Langsung Mengucap Syahadat

Sumber: kanzulqalam.com
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :