Uc Banner

Sering Mengantuk Bahkan Tertidur Saat Sholat? Ini Hukumnya


Radarislam.com ~ Melakukan ibadah shalat memang ada banyak rintangan dan godaan. Mulai pikiran yang tidak fokus sampai mata yang dihinggapi rasa kantuk. Mengantuk memang sulit dihindari karena dia bisa datang kapan pun dengan waktu yang tidak terduga.
Kalau sudah berat, rasa kantuk akan membuat mata orang tertidur lelap. Tak peduli apakah ia sedang bekerja, santai, makan, bahkan sholat sekalipun.

Jika hanya mengantuk saat sembahyang, tentu banyak yang pernah mengalaminya seperti misalnya saat sholat tarawih berjamaah, sholat jumat dan sebagainya. Dalam hal ini hukum wudlu dan sholatnya masih tetap syah, meskipun tentu jika terkantuk-kantuk akan mengganggu kekhusukan sholat. Tetapi jika sampai tertidur bagaimana hukumnya?
Seperti dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama, nu.or.id (29/4/2016), Ada dua pendapat dari para ulama mengenai hukum tertidur ketika shalat. Tidur yang dimaksud di sini tentu bukan disengaja, tapi karena saking kantuknya. Terkait hukumnya, ini jawaban Al-Mawardi di dalam Al-Hawi Al-Kabir :

Artinya, “Di antara persoalan yang diperdebatkan ulama adalah kewajiban wudhu’ bagi orang tidur ketika sembahyang. Apabila tidurnya saat duduk, shalat dan wudhu’nya tetap dihukumi keabsahannya. Namun bila tidurnya tidak dalam posisi duduk, semisal berdiri, ruku’, dan sujud, terdapat dua pendapat: pertama, wudhu’ dan shalatnya tetap sah menurut qaul qadim dan didukung oleh pendapat delapan orang thabi’in. Sementara menurut qaul jadid, wudhu’ dan shalatnya batal.” 
Dengan demikian, soal hukum ketiduran waktu shalat. Apakah wudhu dan shalatnya masih tetap sah atau tidak sah. Berikut pendapat ulama :

1. Mayoritas ulama menganggap bahwa orang ketiduran saat shalat masih dianggap sah shalatnya jika dia masih dalam posisi duduk.
2. Namun jika selain posisi duduk, ada dua pendapat yaitu qaul qadim menghukumi tetap sah dan qaul jadid menghukumi itu batal.


 Baca Juga:
-
Ingin Putihkan Gigi dalam Waktu 15 Menit? Ikuti 4 Cara Sederhana Ini 
- Subhanallah, Inilah Kisah Kyai Masduqie Machfudh Tentang Keajaiban Shalawat

Wallahu ‘alam, mudah-mudahan bermanfaat
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :