Uc Banner

Subhanallah, Ini Manfaat Sujud Menurut Pakar Kesehatan

Radarislam.com ~ Umat muslim dalam menjalankan ibadah shalat pasti tidak akan melewatkan sujud. Ya, sujud adalah merendahkan diri atau menyembah kepada Allah SWT dan menghadap kiblat. Sujud melibatkan 5 anggota badan yang tertumpu ke bumi seperti hidung, dahi, lutut, kedua ujung kaki serta dua telapak tangan. Secara bathin, sujud berarti merendahkan hati dan akal sembari mengucapkan dzikir.

Ketika melakukan sujud, seseorang sebenarnya mendapatkan keuntungan lebih dari sekedar menjalankan kewajiban. Orang itu sendiri akan memperoleh manfaat kesehatan. Seorang pakar neuro bernama Dr. Fidelma O’Leary, Phd dari Erdward’s University mengemukakan manfaat sujud bagi kesehatan manusia.

Perempuan yang juga ahli syaraf ini menemukan bahwa ada saraf-saraf tertentu di otak manusia yang hanya sesekali saja dialiri oleh darah. Jika tidak ada darah yang masuk sama sekali, maka buruk akibatnya untuk kesehatan manusia. Oleh karena itu, diperlukan aktivitas rutin agar darah bisa mengalir dalam saraf-saraf tersebut. Aktivitas rutin itu bisa ditemukan dalam sujud yang dilakukan oleh umat muslim saat shalat.

Pendapat ini juga diperkuat oleh statement dari Prof. Hembing yang mengatakan bahwa jantung hanya bisa memasok 20% darah ke otak. Agar kebutuhan darah ke otak bisa tercukupi, maka sujud penting untuk dilakukan. Manfaat lain yang ditemukan oleh Dr. Muhammad Dhiyaa’uddin Hamid bahwa sujud adalah “aktivitas grounding”  yaitu untuk menetralisir radiasi listrik yang diserap tubuh dari perangkat elektronik yang ada di sekitar kita. Radiasi ini membahayakan orang tubuh khususnya otak jika tidak bisa dinetralisir secara rutin.

Penelitian seorang profesor berkebangsaan German yaitu Prof. H.A. Saboe menyatakan bahwa sujud juga bermanfaat memperbanyak kelenjar susu pada payudara wanita yang tengah hamil sehingga produksi ASI bertambah dan semakin lancar. Sujud juga membantu memperbaiki posisi bayi yang sungsang.

Sumber: kanzulqalam.com
Judu Asli: Manfaat Sujud menurut Para Pakar Kesehatan
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :