Uc Banner

Subhanallah, Inilah Manfaat Gerakan Sholat Ruku dan Sujud dari Segi Medis

Radarislam.com ~ Shalat wajib lima waktu adalah perintah yang wajib dilakukan oleh para muslim. Shalat yang khusuk sangat penting dan membawa manfaat baik dari segi agama maupun dari segi medis. Ada  orang yang bisa sangat khusuk dan menikmati setiap gerakan dalam shalat. Tetapi ada juga yang ingin shalatnya cepat selesai. 2 gerakan yang biasanya dilakukan secara cepat adalah sujud dan ruku. Padahal keduanya punya manfaat yang besar dari segi medis jika dilakukan dengan maksimal. Berikut penjelasan yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.


Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk memperlama gerakan ruku dan sujud. Menurut Rasulullah, lamanya dua gerakan tersebut bisa menggugurkan dosa. Suatu hari Abdullah bin Umar RA melihat seorang pemuda tengah shalat, dia memanjangkan shalatnya dan melamakannya, maka beliau bertanya: siapa yang tahu orang itu? Maka ada yang menjawab: Saya.


Beliaupun mengatakan: seandainya aku mengenalnya, tentu aku akan menyuruhnya untuk memanjangkan ruku dan sujudnya, karena aku pernah mendengar Nabi SAW bersabda:
“Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk shalat; semua dosanya didatangkan dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan.”

Dari hadis tersebut, kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa semakin lama sujud dan ruku’,maka akan semakin banyak dosa yang dilepaskan dari diri manusia. Namun ternyata dua gerakan ini tidak hanya mendatangkan manfaat dari segi agama saja, tetapi juga dari segi kesehatan. Gerakan ruku’ dan sujud pun mendatangkan keuntungan medis.


- Manfaat Ruku’ Bagi Kesehatan
Ruku yang sempurna bisa ditandai seakan-akan jika kita meletakkan sebuah gelas di punggung maka isi dari gelas tersebut tidak akan tumpah sebab kepala dan tulang belakang/punggung berada pada posisi yang sejajar.


Dengan posisi ruku yang sempurna, posisi punggung pun juga terjaga dengan sempurna. Punggung merupakan penyangga tubuh dan pusat syaraf dan posisi jantung yang sejajar dengan otak sehingga bagian tengah pada badan seseorang dapat dialiri darah dengan sempurna.

Tangan yang tertumpu pada lutut juga bermanfaat untuk melemaskan otot-otot bahu sampai dengan ke bawah. Posisi ruku’ yang baik juga berguna untuk melatih kemih sehingga terhindar dari gangguan prostat.


- Manfaat Sujud Bagi Kesehatan
Selain ruku’, sujud juga merupakan gerakan dalam shalat yang mendatangkan manfaat untuk manusia. Sujud dengan meletakkan dahi, kedua tangan, lutut dan ujung kaki pada lantai. Posisi ini bermanfaat untuk memompa getah bening ke bagian ketiak dan leher. Ketika sujud, jantung berada di atas otak sehingga daerah ini kaya akan kandungan oksigen yang dapat mengalir ke otak secara maksimal.

Aliran darah ke otak akan sangat mempengaruhi daya pikir seseorang. Karena itu, sebaiknya lakukanlah sujud dengan khusuk dan tidak tergesa-gesa sehingga darah bisa mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi tersebut dapat mencegah gangguan wasir. Bagi wanita, ruku’ dan sujud mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan organ intim kewanitaan.

Penelitian seorang profesor berkebangsaan German yaitu Prof. H.A. Saboe menyatakan bahwa sujud juga bermanfaat memperbanyak kelenjar susu pada payudara wanita yang tengah hamil sehingga produksi ASI bertambah dan semakin lancar. Sujud juga membantu memperbaiki posisi bayi yang sungsang

Baca Juga:
-
Ulasan: Cerdas Memahami Konflik Berdarah Di Timur Tengah
- TERBARU : DAFTAR 16 BANK AKAN DITUTUP..?


Itulah ulasan manfaat ruku’ dan sujud dalam shalat secara medis. Jika ingin dosa-dosa gugur dan tetap sehat, gerakan sholat ruku' dan sujud seperti yang diajarkan Rasulullah ini ternyata juga sangat bermanfaat.(*)
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :