Uc Banner

Subhanallah... Semut Bicara dalam Al Quran, Ini Temuan Ilmuwan!

Radarislam.com ~ Umat muslim pasti tahu tentang Nabi Sulaiman. Beliau adalah nabi sekaligus rasul Allah yang menerima mukjizat dapat memahami bahasa para binatang. Dalam Al Quran, nama Nabi Sulaiman disebutkan sampai 27 kali.  Allah menganugerahinya dengan kemampuan bisa memahami bahasa binatang dan jin sehingga beliau paham dengan bahasa binatang apapun termasuk seekor semut.

Dalam sebuah surat di Al Quran disebutkan terdapat kisah bahwa Nabi Sulaiman dan para tentara tengah melintasi jalan yang ada gerombolan semutnya. Allah menjelaskan bahwa mereka bisa bicara satu sama lain.

"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari". [QS. An-Naml ayat 18]

Umat muslim mungkin akan mengimani kisah tersebut meskipun tidak ada satu orang pun yang bisa menjelaskan kebenarannya. Tetapi lain halnya dengan non muslim, bisa jadi mereka menganggap itu hanya omong kosong.

Namun penelitian ilmiah lagi-lagi mengungkap kebenaran ayat Al Quran. Sebuah majalah ilmiah pada tahun 2009 menerangkan hasil penelitian ilmiah tentang semut yang berbicara. Penelitian itu menggunakan kemajuan teknologi audio yang dapat membuktikan bahwa semut-semut bisa berbicara satu sama lain.

Sebagian besar semut memiliki papan alami dan plectrum yang ada dalam perut mereka dan ini dapat mengeluarkan semacam suara untuk saling berkomunikasi. Dengan speaker dan microfon mini yang dimasukkan dalam sarang semut, peneliti dapat menemukan bahwa ratu semut bisa mengeluarkan insruksi kepada para pekerja.

Profesor dari Oxford University, Jeremy Thomas, menerangkan bahwa kemajuan teknologi bisa menyingkap penemuan baru karena bisa merekam percakapan antar semut. Peneliti memasukkan speaker mini yang berisi rekaman suara ratu semut ke dalam sarang semut lalu memutar lagi. ini bisa menarik perhatian para semut sehingga mereka bersiaga. Siapapun makhluk asing yang ada di dekat mereka akan langsung mereka serang. Mereka akan bergerak berdiri mengulurkan tangan antena mereka ke depan dan rahang (capit) merela terbuka selama berjam-jam.

Semut juga akan melakukan gerakan menekan antena ke arah speker seperti menyambut semut lain di sarang semut. Profesor Thomas menduga penelitian selanjutnya bisa mengungkapkan kosakata yang lebih banyak dari yang sebelumnya.

Dalam sebuah ensiklopedia karangan John L. Capinera halaman 92 menjelaskan bahwa semut mengeluarkan 4 jenis senyawa kimia untuk berkomunikasi yaitu:
Hexanol: semut-semut menjadi siaga dan lari ke segala arah untuk mencari sumber masalah
Undecanone: ketika dikeluarkan, ini akan menarik semut ke sumber bahaya dan mereka akan menggigit obyek asing pada daerah semut.
Butyloctenal: meningkatkan kesiapan mereka dan agresi demi mengorbankan diri
Hexanol: ini menarikuntuk menarik perhatian dan ketertarikan mereka (*)
- Masya Allah, Polwan Berhijab Yang Cantik Ini Hafal Alquran lho..!

Sumber: dream.co.id
Judul Asli: Al Quran Sebut Semut Berbicara, Ilmuwan Membuktikan
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :