Uc Banner

Subhanallah, Ternyata Pakai Hijab Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Radarislam.com ~ Bagi muslimah yang telah baligh, memakai hijab wajib hukumnya sebab rambut adalah bagian aurat yang mesti ditutupi. Perintah menutup rambut dengan hijab ini datang langsung dari Allah SWT.

Allah ta’ala berfirman

“Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian utk menutup auratmu & pakaian indah utk perhiasan. & pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raaf: 26)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang aurat, maka beliau bersabda,

“Jagalah auratmu, kecuali dari (penglihatan) suamimu atau budak yang kau punya.” Kemudian beliau ditanya, “Bagaimana apabila seorang perempuan bersama dgn sesama kaum perempuan ?” Maka beliau menjawab, “Apabila engkau mampu utk tak menampakkan aurat kepada siapapun maka janganlah kau tampakkan kepada siapapun.” Lalu beliau ditanya, “Lalu bagaimana apabila salah seorang dari kami (kaum perempuan) sedang bersendirian ?” Maka beliau menjawab, “Engkau lebih harus merasa malu kepada Allah daripada kepada sesama manusia.” (HR. Abu Dawud [4017] & selainnya dgn sanad hasan, lihat Fiqhu Sunnah li Nisaa’, hal. 381)


Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari menuliskan bahwa pelecehan terhadap wanita terjadi kebanyakan juga karena perilaku wanita itu sendiri, mengingat mereka adalah fitnah yang paling besar. Salah satu contoh tingginya tingkat pelecehan di daerah Eropa karena wanitanya mayoritas tidak berjilbab

Segala sesuatu yang berasal dariNya pasti mendatangkan manfaat dan itu akan dirasakan manusia dalam kehidupannya. Lalu adakah manfaat jilbab/ hijab untuk kesehatan?

Berikut ini manfaat menggunakan hijab dari segi kesehatan seperti yang dilansir viva.co.id (21/05/2015):

Mencegah kanker kulit
Kanker merupakan penyakit akibat berubahnya sifat sel tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kanker kulit ini disebabkan karena sinar ultra violet (UV) yang menyinari leher, tangan, wajah dan kaki. Kanker banyak diderita oleh orang-orang yang kulitnya putih karena mereka lebih mudah terbakar matahari. Kanker umumnya menyerang wanita karena daya tahan tubuh wanita masih sangat lemah dibandingkan laki-laki. Salah satu cara melindungi diri dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Memakai hijab bisa menjadi cara yang sangat ampuh asalkan sesuai dengan syariat. Sebab pakaian yang ketat masih bisa ditembus oleh sinar UV.

Menghambat gejala penuaan
Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan yang ditandai dengan kulit keriput, rambut memutih dan sebagainya. Penyebab utama dari penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin yang akan merusak jaringan kolagen dan elastin. Keduanya berguna menjaga kelenturan dan keindahan kulit. Krim pelindung kulit tidak bisa melindungi kulit secara total. Salah satu solusinya adalah dengan melindungi diri menggunakan jilbab. Dengan jilbab, seseorang akan lebih terlindungi dari sinar matahari yang merupakan penyebab penuaan.


Baca Juga:
- Wanita Harus Tau! Ini Bahaya Tidur Memakai Bra Dan Celana Dalam
- Masya Allah, Polwan Berhijab Yang Cantik Ini Hafal Alquran lho..!

Sedangkan dari segi agama islam, para perempuan yang berhijab akan terhindar dari siksa api neraka dan juga mereka membantu lelaki menundukkan pandangan. Subhanallah. Perintah Allah mengandung banyak hikmah di baliknya. (*)
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :