Uc Banner

Wanita, Ini Arti Warna Darah Haid yang Akan Bikin Kamu Kaget!

Radarislam.com ~ Kaum Hawa pasti kedatangan “tamu” setiap bulan alias menstruasi. Terkadang, momen menstruasi amat mengganggu aktivitas para wanita. Tidak sedikit perempuan yang dibuat bingung dengan kejadian-kejadian selama mens. Salah satu yang paling sering meninggalkan tanda tanya adalah warna darah haid yang berubah-ubah. Sebenarnya, apa artinya perbedaan warna darah haid ini? Simak ulasannya berikut.

Darah saat menstruasi memiliki tekstur dan warna yang berbeda. Masing-masing memiliki arti tersendiri. Umumnya darah berwarna merah terang sampai dengan hitam dengan tekstur yang tipis sampai sangat tebal. Jumlah darah pun variatif. Jumlahnya hanya 4 sampai 12 sendok teh selama masa haid.

Arti dari masing-masing darah haid, seperti dikutip Radarislam.com dari situs kesehatan, meetdocor.com antara lain sebagai berikut:

1. Jika warna darah merah gelap menunjukkan bahwa darah tersimpan lama di dalam rahim dan baru dikeluarkan saat itu. Umumnya darah warna ini keluar ketika wanita bangun tidur. 

2. Jika warna darah orange berarti bahwa darah sudah bercampur dengan cairan dari serviks. Waspadai warna darah ini sebab bisa menjadi tanda penyakit. 

3. Jika darah berwarna merah terang, artinya darah itu baru saja keluar dari tubuh dan alirannya cenderung tertarur dan ringan

4. Jika darah berwarna coklat sampai kehitaman berarti itu adalah darah tua. Darah ini biasanya keluar saat masa penghabisan haid.

Tekstur darah juga punya arti sendiri. Darah yang menggumpal artinya darah menstruasi cenderung berat. Kondisi seperti ini jika terjadi terus menerus, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Darah yang bentuknya licin seperti Jelly merupakan darah yang sudah bercampur lendir dari serviks vagina. Dan darah yang cair serta tipis umumnya darah itu sudah bekerja sama dengan antikoagulan alami tubuh.

Darah yang keluar dalam bentuk gumpalan dengan warna keabuan dan jumlahnya banyak, artinya seorang wanita mengalami keguguran atau aborsi dan segera hubungi dokter.
Seperti yang dilansir situs ayosehat.org, darah menstruasi bisa menjadi penanda adanya tumor jinak di dalam rahim. Jika tumor ini ada, umumnya darah menstruasi lebih banyak dari biasanya dan menggumpal dalam waktu yang cukup lama. (*)

Baca Juga artikel bermanfaat lainnya:
- Ulasan Cerdas Memahami Konflik Berdarah Di Timur Tengah

- Tan Malaka, Islam Dan Komunisme

Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :