Uc Banner

Terbongkar! Ternyata Ini Modus Ala Umi Pipik Dan Pemalsu Akun Selebriti Lainnya

Radarislam.com ~ Ketika sedang membuka facebook, Kita pasti pernah melihat sebuah postingan yang menyuruh netizen untuk like postingan tersebut dan mengetik “aamiin” atau doa tertentu. Kadang juga meminta ketik angka tertentu lalu lihat apa yang terjadi. Biasanya akun-akun yang memposting menggunakan nama tokoh terkenal seperti Umi Pipik, Rafi Ahmad dan lain sebagainya. Dan anehnya, banyak sekali netizen yang mempercayainya, itu terlihat dari jumlah like, komentar dan share yang mencapai hingga ribuan.


Sebenarnya, apa modus dari berbagai akun itu? Apa yang mereka inginkan? Apa yang akan mereka dapatkan kalau kita like, komentar dan follow akunnya? Jika kita like atau komentar pada postingan dari akun mereka, postingan itu secara otomatis akan muncul di beranda teman-teman FB kita. Dengan begitu, mereka berharap teman-teman kita juga ikut like postingan itu.

Tujuannya, semakin banyak orang yang melihat akun tersebut, maka semakin besar kemungkinan orang tertarik meng-add akun abal-abal itu. Kemudian, dengan mengADD mereka maka otomatis kita sudah memfollow akun tersebut. Dan itulah sebenarnya yang mereka harapkan. Semakin banyak yg follow maka semakin mahal harga sebuah akun.

Jangan harap add anda akan mereka konfirmasi karena mereka tidak membutuhkan pertemanan anda. Begitu anda add, mereka langsung menghapus permintaan anda karena anda telah menjadi follower mereka.


Salah satunya sebuah akun bernama Frita Fariani yang biasanya mengunggah gambar-gambar musibah atau kejadian tragis. Dalam tiap postingannya, ia selalu menuliskan doa atau kata-kata yang intinya meminta netizen untuk berkomentar "amin", like atau membagikan statusnya. Tak lama komentar 'amin' dan like selalu mengalir deras sejak foto diunggah, bahkan share nya mencapai ribuan.

Namun aksi akun Frita Fariani tersebut kini telah berakhir setelah salah seorang pengguna facebook bernama Muhamad Firdaus mengunggah sebuah foto capture yang berisi percakapan antara dirinya dan akun Frita Fariani. Dalam percakapan tersebut, ia pura-pura tertarik membeli akun Frita Fariani dan terjadilah tawar menawar yang kemudian disepakati dengan harga tertentu. Sehingga terbongkarlah kedok kenapa model akun-akun seperti ini dibuat, yang tujuannya tak lain hanyalah untuk diperjual belikan.

Setelah capture percakapan tersebut menjadi viral, kami tak dapat menemukan lagi akun Frita Fariani. Namun hingga berita ini diturunkan, dari penelusuran kami, masih ada beberapa akun lain yang memakai nama Frita Fariani. Termasuk akun palsu serupa yang mengatasnamakan Umi Pipik atau Pipik Dian Irawati, Rafi Ahmad dan sebagainya yang jumlahnya cukup banyak, baik yang berupa akun pribadi maupun dalam bentuk fanpage. Semua akun atau page tersebut dipastikan palsu karena jika fanpage tokoh publik figur tersebut asli, biasanya akan ada tanda centang berwarna biru yang menunjukkan bahwa akun tersebut telah diverifikasi oleh facebook.



Biasanya, harga yang dibandol untuk sebuah akun bervariasi tergantung jumlah followernya. Untuk 100 ribu follower, harganya bisa mencapai 2 juta rupiah. Sedangkan untuk 200 ribu follower, harganya bisa mencapai 5 juta rupiah. Setelah mencapai target, pelaku akun abal-abal ini akan menjual akun tersebut kepada siapapun yang mau membayar mahal.

Masih mau mengikuti kemauan mereka untuk like dan komentar?
Be smart ya Netizen!  Beritahu teman yang lain agar banyak yang tercerahkan. Semoga bermanfaat(*)

Baca Juga:
- Amalan Sederhana Penghapus Dosa Ini Sangat Dibenci Setan
- Catat, Mulai Maret 2016 Ibu Hamil Dapat Tunjangan Rp 1,2 Juta, Begini caranya


[Sumber: FP Facebook Islamuna.info/ Radarislam,com]
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :