Uc Banner

7 Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama di Dunia

Radarislam.com ~ Ramadhan merupakan bulan yang dinanti oleh umat muslim. Adanya kewajiban puasa di bulan ini menjadikan Ramadhan momen yang istimewa. Setiap muslim yang memenuhi persyaratan untuk melakukan puasa, wajib menahan  lapar dan dahaga selama hampir 1 bulan penuh.  Umumnya, mereka menahan nafsu makan mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya mentari.
Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu  mencegah penuaan dini, membakar lemak, dan mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak. Di berbagai belahan dunia, banyak orang yang mulai menyadari manfaat puasa di bulan Ramadhan. Karena letak geografis yang berbeda, umat muslim yang ada di beberapa negara mesti melakukan puasa jauh lebih lama dibandingkan dengan orang Indonesia.

Berikut adalah 7 negara yang memiliki rentang waktu puasa paling lama:

1. Turki 17,5 jam

Tradisi Ramadhan selama di Turki tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Keadaan mulai ramai setelah berbuka puasa. Sebelum waktu berbuka, banyak orang yang berkumpul di masjid dan tempat makan sehingga terkesan meriah. Sewaktu sahur, warga dibangunkan dengan bedug yang ditabuh keliling.

2. Kanada 17,7 jam


Muslim Kanada yang kini jumlahnya mencapai 1 juta mesti berpuasa selama 17,7 jam. Sebagai wilayah dengan penduduk muslim terbesar di Amerika Utara, warga muslim Kanada tinggal di Toronto.

3. Inggris 18,5 jam

Inggris termasuk negara dengan rentang puasa terlama. Komunitas Islam di Inggris memberikan peringatan kepada warganya agar menjaga kesehatan sebab terlalu lama puasa bisa menyebabkan gangguan kadar gula tinggi. Tercatat 325.000 dari 2,7 umat muslim di Inggris menderita diabetes.

4. Jerman 19 jam


Jerman memiliki penduduk muslim yang jumlahnya mencapai jutaan. Sebagian besar dari mereka berasal dari Afrika Utara dan Turki. Mereka berpuasa selama 19 jam mulai setengah empat pagi sampai jam 10 malam. Sama seperti umat muslim lainnya, muslim Jerman juga tarawih setelah berbuka puasa.

5. Alaska 19,4 jam

Muslim di Alaska berjumlah hampir 3000 orang dan sebagian besar tinggal di Anchorage. Mereka idealnya berpuasa selama 19 jam tetapi sebagian mengikuti waktu Arab Saudi sehingga mereka berbuka jam 7 malam.

6. Swedia 20 jam

Muslim yang tinggal di Swedia bisa dikatakan muslim paling kuat di dunia. Saat Ramadhan bertepatan dengan musim panas, mereka harus puasa selama lebih dari 20 jam. Jumlah muslim di Swedia adalah 500.000 orang.

7. Islandia 22 jam

Dengan rentang puasa selama 22 jam, Islandia tergolong negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia. Umat muslim di Islandia sahur jam 2 pagi dan berbuka jam 12 malam. Jumlah muslim di Islandia sangat sedikit yaitu hanya 770 orang saja.

Baca Juga:
- Miris! 6 Tahun Tak Digaji, TKW Asal Cianjur ini Juga Disiksa Majikan
- Hukum Bagi Wanita Haid Yang Berziarah Kubur


Sumber: citizen6.liputan6.com / sandknote.blogspot.co.id
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :