Uc Banner

9 Cara Aman Membuat Bibir Hitam Menjadi Merah Merona

9 Cara Aman Membuat Bibir Hitam Menjadi Merah Merona
Radarislam.com ~ Bibir adalah salah satu bagian dari wajah yang seringkali menjadi pusat perhatian.  Terutama bagi perempuan, bibir menjadi simbol sensualitas. Untuk menarik perhatian, dibutuhkan bibir yang cerah dan lembab.

Warna bibir yang gelap akan menurunkan rasa percaya diri. Tetapi banyak orang yang mengalaminya. Secara umum, bibir hanya mempunyai 3-5 lapisan sel yang menghasilkan melamin atau warna kulit. Maka bibir lebih rentan berwarna gelap dibandingkan dengan kulit.

Terdapat pembuluh darah di sekitar lapisan bibir yang terlihat sehingga wajar bibir tampak kemerahan. Namun bibir rentan pecah-pecah karena tidak ada kelenjar minyak dan kelenjar keringat di organ ini.

Apakah anda termasuk orang yang berbibir gelap? Jika iya, jangan khawatir karena ada beberapa cara alami yang bisa anda coba untuk mencegah dan menghilangkan warna hitam pada bibir seperti dikutip Radarislam,com dari laman Aladokter:

1. Kurangi minuman yang mengandung kafein
Warna bibir yang gelap dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi. Dengan mengurangi kedua jenis minuman ini, maka warna gelap di bibir akan menjadi hilang.

2. Jangan menggigit dan menjilati bibir
Menggigit dan menjilati bibir terlalu sering juga dianggap bisa membuat bibir berwarna gelap. Tidak ada jalan lain selain menghilangkan kebiasaan buruk ini untuk membuat bibir kembali ke warna semula.

3. Stop menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.
Kebanyakan kosmetik yang menawarkan keajaiban biasanya mengandung merkuri yang sangat beracun, seperti peeling, pemutih, dan asam untuk mencerahkan bibir. Salah satu efek yang mungkin muncul adalah kerusakan kulit, termasuk menjadi gelap. Untuk itu, biasakan untuk membaca label dan sebisa mungkin konsultasikan kepada dokter kulit.

4. Berhenti merokok
Mengisap rokok juga bisa berdampak kepada warna bibir karena kandungan nikotinnya berisiko menggelapkan bibir. Selain itu, tembakau dan tar juga berperan terhadap makin gelapnya bibir. Panas dari rokok berpotensi membuat kulit memproduksi lebih banyak melamin sehingga memungkinkan membuat bibir lebih gelap. Jika ingin mendapatkan bibir berwarna alami, maka alasan di atas sudah cukup untuk membuat Anda berhenti merokok.

5. Lindungi bibir dari sinar matahari.

Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata juga berpotensi membuat warna bibir lebih gelap dari seharusnya. Hal ini dianggap wajar karena sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir kering sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap. Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya mulai sekarang rajin mengoleskan tabir surya  di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaanlip balm dan lipstik. Utamakan tabir surya yang mengandung SPF lebih dari 20.

6. Memijat bibir
Selain menghindari kebiasaan di atas, mengusir warna gelap di bibir bisa dilakukan dengan cara memijat. Memijat bibir kemungkinan bisa meningkatkan aliran darah ke daerah itu sehingga membuat warnanya cerah. Agar kian besar kemungkinan berhasilnya, disarankan memakai minyak almond atau es batu saat memijat.

7. Menghilangkan kulit mati
Untuk menghilangkan warna hitam atau gelap di bibir, Anda bisa mengelupasnya dengan aman menggunakan bubuk gula yang dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun. Usapkan campuran ramuan tersebut pada bibir, lalu satu menit kemudian dibersihkan dengan kain lap basah. Setelah selesai, lindungi bibir denganlip balm yang lembut. Lakukan hal ini dua kali seminggu, namun jika terjadi iritasi, frekuensinya bisa dikurangi dan cara menggosoknya diperhalus.

8. Cobalah oleskan bahan-bahan alami
Beberapa resep rumahan bisa dijadikan rujukan untuk mencerahkan warna bibir, misalnya dengan mengoleskan jus lemon yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini memiliki peran yang penting bagi kesehatan kulit. Bisa juga mengoleskan madu sebelum tidur untuk melindungi dan melembutkan bibir.

9. Gunakan Kosmetik yang Aman
Menggunakan kosmetik memang tidak akan menghilangkan warna bibir yang gelap tetapi hanya sekedar menutupi saja. Walaupun  demikian, tidak akan ada efek yang berbahaya kalau digunakan dalam jangka panjang. Contohnya kalau memakai lipstik warna merah, itu akan menutupi warna hitam bibir terlebih jika ditambahi dengan concelaer supaya terasa lembut.

Warna hitam pada bibir bisa juga mengindikasikan adanya penyakit yaitu kanker melanoma. Jika warna gelap tidak beraturan dan pinggiran juga tidak rata lalu ukurannya semakin lama semakin besar, ada baiknya periksakan diri ke dokter. Biasanya perawatan dari melanoma adalah dengan dioperasi.

Itulah 9 Cara Aman Membuat Bibir Hitam Menjadi Merah Merona. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga:
- Kocak! Hindari Razia, Ibu Ini Jadikan Ember Besar Untuk Helm Anaknya
- Inspiratif! Demi Hindari Suap, Polisi Ini Rela Jadi Pemulung Sampah


Sumber: aladokter.com
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :