Uc Banner

Heboh Foto Murid SMP Berani Kurang Ajar Kepada Guru

Radarislam.com ~ Sebagian besar orang dulu berpendapat kalau guru adalah orang tua di sekolah. Beliaulah yang mendidik dan mengajar siswa hingga menguasai bidang ilmu tertentu. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Karena jasa seorang gurulah banyak orang bisa berprestasi dan menggapai cita-citanya. Dengan semua jasa yang dimiliki oleh seorang guru, siswa seharusnya memuliakan dan menghormati seorang guru dengan baik.

Namun di era sekarang, jangankan memuliakan, bisa menghormati dan tidak melawan perintah guru saja sepertinya sudah menjadi hal yang sulit bagi siswa. Seiring dengan majunya perkembangan zaman, telah terjadi degradasi moral yang sangat memprihatinkan dalam pergaulan siswa.

Nurmayani Salim, Guru Biologi Yang dipidanakan karena mencubit murid
Belum lama ini seorang guru di SMPTN 1 Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, bernama Nurmayani Salim, dipolisikan oleh orang tua dari anak didiknya hanya karena mencubit muridnya yang nakal dan tidak mau disuruh sholat dhuha.
Sebenarnya, Nurmayani sudah mengajukan permohonan maaf dan damai atas kasus itu, namun tidak direspons oleh keluarga siswa. Sehingga Guru berjilbab ini pun Resmi ditahan pada Kamis (12/5/2016).


Tak hanya itu, baru-baru ini juga kembali heboh beberapa foto yang menjadi viral di sosial media, seorang siswi SMP tampak menunjukan pose tidak sopan dan melecehkan gurunya sendiri. Belum jelas dimana lokasi dan siapa identitas dalam foto. Namun dilihat dari resolusi dan kualitas gambarnya, foto tersebut seperti diambil dari telepon seluler model lama.

Pada tanggal 6Juni 2015 pukul 07.42 Wib, Akun Facebook Iqbal Ardianto memposting foto dengan menuliskan status:

"
Etika sopan edisi terbaru...
Jangan ditegur Pak, jangan dicubit atau di marahi Pak. Hati2 Pak, Penjara siap menanti anda, Jadi biarkan saja untuk keamanan kaum guru..."


Setidaknya ada 4 foto yang diunggah.

- Foto pertama, siswi SMP tersebut menembakkan dasi ke arah guru, terlihat gurunya seperti ketakutan dan mau menghindar.
- Foto kedua, dia terlihat seperti ingin memukul gurunya dengan menunjukan tangan terkepal yang diarahkan pada guru.
- Foto ketiga, siswi itu tampak mengancam guru yang sedang duduk diam di sebuah kursi.
- Foto keempat, siswi SMP ini sikapnya semakin kurang ajar karena beranin memantati gurunya dengan ekspresi meledek tertawa.

Segera postingan tersebut menjadi viral dan dibagikan lebih 27ribu kali. Beragam komentar dan kecaman pun berdatangan.

@Dewa Wisnu : "Semoga orang tua pada melek, gimana kelakuan anak2 nya di sekolah. Seorang guru saya rasa g akan memberi hukuman kepada muridnya jika murid tersebut g melakukan kesalahan."

@Ebepz Yosepz: "jadi ikut emosi liat foto ini.. pantas saja indonesia gk maju2.. tingkah laku anak muda jaman sekarang bgitu kelakuanya sama guru.. klo guru membentak / mebyubit itu wajar saja berarti kita selaku murid berbuat salah (tidak baik) dan mereka sayang pd muridnya .. kita seharusnya berteri"

@Arief Buwang Andreas : "Hahaaa... Orang tua nya aja keterlaluan... Di cubit aja lapor ke polisi..... makasih kpada guru.. kita bisa membaca + menghitung itu hasil didik guru2 kita d sekolah"

@Imah Delope: "Di sekolah ank ku ada murid yg suka mencuri. Pas orang tuanya di suruh ke sekolahan  Pas di kantor bukan nya minta maaf mlah kacak pinggang waktu itu ad 2 polisi,4 gru termaduk wali kelas,4 saksi. Ktnya yg berani mcam2 besok pasti mati semua yg di stu. Smua sruh nyiapin kain kafan. Hebat ga tuh sudah ketauan mencuri belagu pula. Ank nya perempuan tpi Di hadapan ibunya dia ngakunya ga mencuri pdahal pas di sidang ke kantor dia dah ngaku klo dia memang mencuri"

Tindakan seperti ini memang tidak patut dilakukan kepada seorang guru yang sangat berjasa pada kita? Dengan sabar, beliau mendidik murid-muridnya dari tidak tahu apa-apa menjadi pintar. Coba bandingkan dengan foto dari arsip nasional Belanda berikut ini di ambil pada sekitar tahun 1880-1910 di Jawa.
Adab murid jaman dulu selalu menunduk saat bertemu Guru
Beginilah adab seorang murid pada jaman dulu, mereka akan membungkuk ketika bertemu dengan guru sebagai bentuk rasa hormat dan tawadhu. Sehingga ilmu yang  dapatkan menjadi lebih berkah.

Sepertinya peran orang tua juga menentukan. Jika setiap orang tua selalu menanamkan ke anak rasa hormat kepada orang yang lebih tua terutama guru, mungkin hal-hal seperti ini tidak akan terjadi. Bukan malah sebaliknya, sedikit-sedikit menggugat, mempidanakan pendidik dengan dalih melanggar HAM.

Atau mungkin ada yang salah dengan sistem pembelajaran kita saat ini?
Siswa yang tak pernah diajari etika dan budi pekerti mungkin bisa juga menjadi penyebab. Karena mereka hanya tau hitungan salah dan benar tapi tak pernah mengerti artinya baik dan buruk, tak mengerti unggah-ungguh apalagi adab sopan santun.

Mari berbenah, dan jadikan hal ini sebagai cermin untuk bermawas diri. Jika yang muda sudah tidak hormat lagi kepada yang tua dan yang tua sudah tidak menyayangi yang muda, bagaimana masa depan bangsa Indonesia...?

Baca Juga:
- 9 Cara Aman Membuat Bibir Hitam Menjadi Merah Merona
- Catat, Mulai Maret 2016 Ibu Hamil Dapat Tunjangan Rp 1,2 Juta, Begini caranya


Bantu share artikel ini sebagai pengingat agar generasi penerus kita bisa lebih baik lagi.(*)
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :