Uc Banner

Kisah Nabi Sulaiman dan Semut Tentang Rezeki Allah

Radarislam.com ~ Alkisah, Nabi Sulaiman AS sedang duduk di pinggir danau. Kemudian, ada seekor semut dengan sebiji gandum yang dibawanya. Nabi Sulaiman terus menerus melihat semut itu. Dia sedang berjalan ke tepi danau. 

Lalu muncullah seekor katak dari dalam air dan katak itu membuka mulutnya. Semut itu pun masuk dalam mulut katak. Katak tersebut menyelam ke dalam danau dalam waktu cukup lama.
Sedangkan Nabi Sulaiman masih memikirkan peristiwa yang baru saja terjadi. Katak keluar dari air dan dia membuka mulutnya. Semut tersebut keluar dari dalam mulut katak dan gandum yang tadi dibawa sudah tidak ada lagi. 

Nabi Sulaiman a.s. memanggil semut itu dan menanyakan kepadanya tentang apa yang dilakukan barusan, ”Wahai semut, apa yang kamu lakukan selama berada di mulut katak?” 

”Wahai Nabiyullah, sesungguhnya di dalam danau ini terdapat sebuah batu yang cekung berongga, dan di dalam cekungan batu itu terdapat seekor cacing yang buta,” jawab semut.

“Cacing tersebut tidak kuasa keluar dari cekungan batu itu untuk mencari penghidupannya. Dan sesungguhnya Allah telah mempercayakan kepadaku urusan rezekinya,” lanjut semut.

”Oleh karena itu, aku membawakan rezekinya, dan Allah SWT. telah menguasakan kepadaku sehingga katak ini membawaku kepadanya. Maka air ini tidaklah membahayakan bagiku. Sesampai di batu itu, katak ini meletakkan mulutnya di rongga batu itu, lalu aku pun dapat masuk ke dalamnya,”

“Kemudian setelah aku menyampaikan rezeki kepada cacing itu, aku keluar dari rongga batu kembali ke mulut katak ini. Lalu katak ini mengembalikan aku di tepi danau.”

Bertanyalah Nabi Sulaiman pada katak itu, “Apakah kamu mendengar cacing itu bertasbih?” 

“Cacing itu mengatakan, “Wahai Dzat yang tidak melupakan aku di dalam danau ini dengan rezekiMu, jangan Engkau lupakan hamba-hamba Mu yang beriman dengan segenap rahmat-Mu.” 

Allah telah mengatur rezeki untuk semua makhluk, termasuk manusia. Dalam Al Quran surat Hud ayat 6 dijelaskan “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberi rezekiNya.”

Baca Juga:
 - Bagaimana Hukum Menikahi Wanita Non Muslim?
- Panjatkan Doa Ini Agar Cinta Sejatimu Lekas Datang
 

Sumber: NU.or.id
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :