Kisah Wali Jadzab yang Nyeleneh Ini Akan Membuat Anda Terkagum-kagum, Bacalah Sampai Tuntas - RadarIslam.com

Kisah Wali Jadzab yang Nyeleneh Ini Akan Membuat Anda Terkagum-kagum, Bacalah Sampai Tuntas

Radarislam.com ~ Beliau adalah Wan Sehan, Wan Syechan atau Al Habib Syaikhon bin Musthofa Al Bahar yang sering disebut oleh para ulama dan habaib sebagai wali Allah yang nyeleneh atau Jadzab. Beliau sering menghilang jika karamah yang dia miliki tampak di suatu tempat. Al Habib Syechan bin Mustofa ini sulit dicari karena sering berpindah tempat dengan sangat cepat.

Bahkan, seorang Ulama dari Yaman sering bercerita kalau dia sedang mengajar santri di Tarim Yaman, mengatakan “Kita kedatangan seorang waliyullah Wan Syechan, tetapi tidak terlihat oleh santri maupun jamaah yang lain.”

Berikut ini ada 4 kisah dari Wan Syechan yang menunjukan karomah-karomah yang diperoleh dari beliau:

Kisah Jadzab 1


Suatu ketika sebut saja Si A bersama Jama’ah mau berangkat ke acara Maulidan lalu sambil lewat menyapa sang habib: “Habib ayo kita ke Maulidan nanti kemaleman”. maka Si Habib Syechan menjawab sambil marah-marah. ”Sudah sana berangkat, Heh Kyai ente aja duluan ! nanti ane nyusul, berisik aja loe..!”

Tapi Begitu Si A tiba di majelis betapa kagetnya, ternyata entah lewat mana sang Habib Syechan itu, ternyata beliau sudah berada dideretan jama’ah terdepan bersama para Habaib dan Ulama lainnya. Si A hanya berkata dalam Hati.

"Subhanallah.." Sambil senyum senyum dan geleng geleng kepala. Kemudian sang habib itu menyalami para jemaah sambil peluk, sambil berkata.

"Ahlan Wa Sahlan Hehehe… barokah afwan ane sampe duluan ente belakangan, kikikik... semuanya ayo... mari, tafaddhol...”

Setelah Selesai acara doa, dan hindangan sudah keluar, keunikan lagi terjadi. Semua hidangan Yang ada diacak-acak oleh beliau, semua makanan dicomot dicobain.

Bagi yg belum tahu siapa beliau hanya bisa tercengang campur kaget. Si A sempat memberitahu kepada mereka agar dibiarkan tingkahnya itu, dan para Ulama dan Habaib yang Hadir Saat itu hanya bisa tersenyum. Lalu Habib Syechan berdoa komat kamit... terdengar sebait. “barakallah... Insyaallah”....

Kisah Jadzab 2

Ada suatu kejadian yang lebih mengherankan lagi Di waktu Adzan maghrib berkumandang tepat di depan Musholla, Sang Habib Syechan itu membawa Gitar dan teriak teriak disaat jama'ah akan melangsungkan sholat maghrib.

Maka tentu saja hal ini membuat marah sang Marbot Mushollah, maka dengan lantangnya sang Marbot itu mencaci maki Habib Syechan habis habisan.

Tiba tiba Habib Syechan menjepit leher Marbot tersebut dan di benamkan kedalam ketiaknya.

Dan tiba tiba Sang marbot itu menangis sambil mengatakan ”Saya lihat Masjidil Haram Di Makkah... Saya lihat Baitullah dan Ka’bah di Mekkah...". dan akhirnya si Marbot tersebut segera meminta maaf kepada Sang Habib Syechan..

Kisah Jadzab 3


Ada Sebuah rumah dari seorang keluarga miskin, dia hanya pedagang kecil di siang hari, tiba tiba didatangi oleh sang habib Syechan, maka tanpa permisi terdahulu beliau langsung nyelonong masuk kerumahnya tampa minta izin terdahulu, beliau langsung menyantap makanan yang ada dimeja makanNya.

Akhirnya sang Tuan Rumah hanya bisa melongo tanpa berkata apapun.

kemudian setelah selesai Menyantapnya sang Habib pun pamit, sambil berkata.

“Terimaksih ya, assalamu'alaikum...” . Heran dan tak habis fikir tuan rumah hanya bisa melongo.

"Subhanallah"

Anehnya tak berapa lama kemudia Si keluarga Miskin pedagang lecil itu mendapatkan rezeki yang tak disangka sangka dan kini Mereka menjadi pedagang besar dan Kaya Raya.

Menurut segelintir orang yang faham artinya, jika Seandainya Tuan Rumah tadi marah-marah dan tak terima, maka tidak akan menjadi seperti skrg, bisa menjadi orang yang kaya raya.

Kisah Jadzab 4


Kisah lain lagi, ada seorang tukang ES Cendol di Madrasah Al Wathoniah Klender Jakarta Timur, Es nya diambil segelas tanpa permisi apalagi bayar... he heee... Namun si tukang Es hanya geleng geleng kepala tanpa komentar.

Sempat dia ingin mau marahi sang Habib Syechon itu, namun diberitahu oleh Pak Satpam yang mengenal sang Habib itu, lalu si tukang Es hanya bisa diam.

Begitu selesai, tak berapa lama setelah sang Habib pergi, segerombolan orang entah dari mana memborong semua Es cendolnya dengan bayaran yang lebih, hingga dia tidak perlu lagi berjualan hingga larut malam... benar benar laris manis...barokah sang habib..

Menurut seorang kerabat beliau bernama Sania ibrahim , bahwa untuk dapat bertemu dengan Habib syaikhon mudah saja asalkan punya niat yang baik untuk bersilahturahim , karena Habib Syaikhon sering berpindah pindah tempat , kadang beliau ada di Makam Ayahnya di Masjid Baidho di lubang buaya jakarta timur dan terkadang ada di Gang Nangka Bintara 3, dan menurut cerita kalau bertemu beliau akan di sambut Khodam ( jin ) di depan pintu dan hanya orang orang yang sholeh dan punya niat yang baik yang dapat berjumpa dengan beliau dan apapun kata kata Habib Syechan dan kelakuan beliau jangan di terjemahkan dan diartikan seenaknya karena yang tahu maksudnya hanya Alloh swt.

Selain 4 kisah di atas, sebenarnya masih banyak lagi cerita tentang beliau. Para ulama menyarankan jika suatu ketika bertemu dengan habib yang nyleneh tersebut lalu secara sengaja beliau memaki-maki anda sebaiknya diamlah dan bersabar. Biarkan dia bertindak sesuka hatinya karena kita tidak tahu bagaimana kehendak Allah SWT dan hanya Allah lah yang Maha Tahu.

Karamah yang diperoleh dari para wali merupakan perkara yang ada di luar kemampuan nalar manusia untuk menciptakan dan memikirkan. Karomah itu diberikan oleh Allah kepada orang yang telah dipilihNya. Sikap perbuatan serta ucapan hamba yang dipilih oleh Dia selalu bergerak dalam khasanah Allah semata.

Wali Allah dengan segala karamahnya kadang-kadang menimbulkan keanehan baik dari sikap maupun ucapan yang tak bisa dipahami. Semoga Allah SWT bisa mempertemukan kita dengan  Habib Syechan Al Bahar dan para muhibbin untuk sekedar mencium tangan serta menjabat tangan mereka sebagai rasa kecintaan kita terhadap ulama dan habaib.

Begitulah berapa cerita dari tentang Habib Syechan.. Wallahu a’lam

 

Baca Juga:
- Kisah Wan Sehan dan Seorang Jawara Yang Punya Ilmu Kebal

- Kisah Cinta Putri Raja Arab Saudi Yang Berakhir Dengan Hukuman Rajam

Sumber:  Group FB Thoriqah Sarkubiah/ Tobagus Tolo

Share This !