Uc Banner

Cuci Baju Barumu Sebelum Dipakai, Ini Alasannya!

Radarislam.com ~ Apakah Anda mencuci baju baru sebelum anda gunakan? Jika tidak, maka sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Tidak mencuci baju baru sebelum memakainya bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit. Tahukah Anda proses dibalik pembuatan pakaian itu?

Para peneliti dari Universitas Stockholm mengatakan bahwa kain untuk pakaian menggunakan bahan kimia yang bisa meninggalkan racun yang berbahaya. Bahan kimia itu masih menempel di pakaian yang Anda beli. Meskipun dicuci, bahan kimia itu belum tentu hilang.

Dari 60 pakaian di Swedia, ada ribuan bahan kimia yang menempel pada pakaian. Para peneliti mengatakan bahwa bahan katun organik tidak menjamin tanpa bahan kimia beracun.

Peneliti memaparkan bahwa bahan kimia dalam pakaian baru bisa meningkatkan resiko alergi kulit dan peradangan kulit karena beberapa bahan kimia bersifat karsinogen dan memiliki toksisitas air.

Sebelum memakai baju baru, sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Jika perlu, cucilah lebih dari satu kali. Aplagi untuk baju yang akan dipakai oleh anak-anak dan pada orang dewasa yang kulitnya sensitif.

Menurut penelitian lain, pakar dermatologi Donald Belsito mengungkapkan, ada dua alergen atau pemicu alergi dari pakaian baru, yaitu berasal dari pewarna dan resin formaldehyde. Menurut dia, sebagian besar bahan pakaian menggunakan pewarna azo-aniline yang bisa memicu reaksi pada kulit.
sumber: kompas.com
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :