Kantung Mata dan Cara Ampuh Pencegahannya - RadarIslam.com

Kantung Mata dan Cara Ampuh Pencegahannya

Radarislam.com ~ Merasa risih dengan adanya kantung mata? Ya, bagi sebagian orang khususnya perempuan kantong mata sangat mengganggu penampilan karena wajah akan terlihat lebih tua. Kantung mata terjadi karena pembengkakan yang disebabkan oleh penumpuka di sekitar mata. Kantung mata disebabkan karena penumpukan cairan yang sifatnya sementara, beda halnya dengan penuaan.

Penyebab kantung mata antara lain:

1. Kurang tidur
Kantung mata yang muncul dengan tiba-tiba biasanya berhubungan dengan kurang tidur di malam hari. Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bagian bawah mata melebar dan menyebabkan timbulnya warna gelap.

2. Alergi
Pada rinitis alergi, biasanya terjadi peradangan di hidung karena ada reaksi alergi. Gejala yang timbul adalah mata berair dan bersin-bersin. Bisa juga muncul lingkar hitam di bawah mata dan muncul kantung mata.

Pola makan yang kurang baik
Pola makan yang tidak baik. Mulailah untuk menjaga pola makan dan asupan gizi Anda, serta minum air setidaknya 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Kekurangan cairan dan protein tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi area bawah mata Anda.

3. Penuaan
Penuaan dapat menyebabkan munculnya kantung mata karena seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau muncul kantung mata. Perubahan ini bertambah seiring waktu dan tidak bersifat sementara.

4. Penyebab Lain
Penyebab lain dari timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam pada mata adalah terlalu banyak minum kopi, terlalu banyak merokok, menangis, kelainan pada kulit dan adanya peradangan pada area sekitar mata.

Cara mengatasi kantung mata

Kantung mata bisa dicegah dengan tidur 8 jam sehari dan mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari. Selain itu, hindari juga makanan dan minuman yang berkafein dan mengandung kadar alkohol yang tinggi.
Selain itu, lakukan hal-hal di bawah ini:

Kompres mata dengan bahan yang sudah didinginkan seperti mentimun, wortel yang telah dilapisi kain, dan kantung teh hijau selama 10-15 menit.

Jangan gunakan garam berlebihan pada makanan Anda. Karena kelebihan garam akan menyebabkan kelebihan air.

Beberapa cara perawatan bisa dicoba untuk mencegah dan menghilangkan kantung mata misalnya laser resurfacing. Pada metode ini, dilakukan pengurangan jaringan dengan menggunakn laser. Cara lainnya yaitu chemical peel. Chemical peel adalah cara pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia. Bisa juga dengan dermal filler dimana dilakukan penyuntikan zat tertentu di atas tulang rongga mata untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Lakukan blefaroplasti yaitu operasi untuk mnegurangi kantung mata. Biasanya, operasi ini dilakukan di atas usia 35 tahun. Sebelum melakukan blefaroplasti, konsultasi lah terlebih dahulu dengan dokter mengenai resiko, efek samping, prosedur operasi dan riwayat kesehatan Anda.

Sumber: aladokter.com

Share This !