Uc Banner

Subhanallah, Menteri ESDM Ini Ternyata Guru Ngaji di Amerika Serikat, Ini Profilnya

Radarislam.com ~ Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan perombakan susunan Kabinet Kerja. Beliau melakukan reshuffle dengan mengganti sejumlah menteri. Dari sekian menteri, ada beberapa nama baru yang belum begitu dikenal. Salah satunya adalah Dr. Archandra Tahar.  Dia dipilih menjadi Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said.

Dia bahkan belum pernah menduduki jabatan yang strategis di tanah air. Lalu apa yang membuat Presiden Jokowi memilih pria ini menjadi menteri ESDM?

Archandra Tahar adalah ahli perminyakan yang punya tiga hak paten di bidang pengembangan migas lepas pantai. Salah satunya adalah teknologi McT (Multi Column TLP) Floating Platform yang sekarang dipakai oleh Pertamina di L-Parigi, Cimalaya, Karawang.

Dia tidak banyak dikenal oleh orang-orang Indonesia karena dia menetap dan berkarir di Amerika Serikat. Archandra adalah alumni S1 Teknik Mesin ITB. Dia bekerja di Andersen Consulting setelah lulus. Kemudian, dia kuliah S2 di Texas A&M University Ocean Engineering, Amerika Serikat. Dia lalu meneruskan S3 di universitas yang sama.

Kemudian Tahun berikutnya, Archandra berkarir di Amerika Serikat dan menjadi konsultan di perusahaan internasional di sana. Terakhir, dia bekerja sebagai Presiden Petroneering, perusahaan konsultasi migas yang didirikan olehnya.

Meskipun selama ini tinggal di Amerika Serikat, Archandra tetap berkontribusi menyumbangkan pemikirannya untuk tanah air. Dia adalah sosok di balik keberhasilan seorang Presiden Jokowi untuk menarik kembali Blok Masela supaya dikuasai Indonesia dengan cara memutuskan eksplorasi mesti dilakukan onshore.

Selain punya segudang prestasi dan kontribusi di bidang perminyakan, ternyata doktor yang satu ini juga dikenal sebagai sosok muslim yang taat. Ia aktif dalam dunia dakwah dan pendidikan keagamaan. Bahkan, di tengah aktivitasnya yang padat, Archandra masih secara rutin mengajar ngaji.

Di Negeri Paman Sam, Archandra aktif berdakwah dan menjadi guru mengaji di Islamic Family Academy (IFA) Houston. IFA Academy Houston adalah organisasi yang digagas oleh komunitas muslim di Amerika Serikat sejak tahun 2006. Lembaga nirlaba ini aktif melayani bimbingan ibadah dan ke-Islam-an, khususnya kepada anak-anak.

Sebagai salah seorang pendiri IFA, secara rutin setiap hari Sabtu, Archandra bersama istrinya turun tangan langsung mengajarkan anak-anak secara sukarela membaca Alquran dan memberi kajian tentang Islam.

Anda bisa membuka Videonya saat mengaji disini

Sumber: dream.co.id


Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :