Uc Banner

Hebat! Lulusan SMK ini Ciptakan Drone Tanpa Baling-baling Pertama di Dunia

Radarislam.com ~ Apa jadinya sebuah drone terbang tanpa menggunakan baling-baling? Sepertinya mustahil ya, tetapi impian itu berhasil diwujudkan oleh pemuda Indonesia yang membanggakan.

Namanya adalah Muhammad Rizqy Fauzan (18). Dia lah sang inovator. Dia menceritakan tentang kisahnya yang berusaha mengembangkan drone tanpa baling-baling pertama di dunia. Sejauh ini, dia masih dalam tahap prototipe dari drone.

Pemuda tersebut mengaku bahwa dirinya sangat terinspirasi dari konsep “Dyson Air Multiplier.” Konsep ini sangat memungkinkan udara dapat disedot tanpa bantuan baling-baling.

“Penjelasan sederhananya begini. Udara diambil dari bagian bawah melalui tabung. Alirkan menuju empat lubang yang berguna menerbangkan drone. Ini juga berhubungan dengan hukum Fisika Bernoulli,” jelasnya dengan antusias pada hari Minggu (14/8/2016).

Hukum Bernoulli menjelaskan bahwa peningkatan kecepatan pada suatu aliran zat cair atau gas bisa mengakibatkan turunnya tekanan pada zat cair atau zat gas itu. Itulah yang coba untuk diterapkan pada drone ciptaannya.

Rizqy mengaku bahwa percobaannya mengenai drone ini masih sebatas pada software. Dia berusaha supaya drone tersebut bisa menjalani percobaan terbangnya. 

Agar Drone buatannya dapat melayang di udara, Fauzan mengatakan bahwa drone miliknya tersebut menggunakan teknik air pressure untuk memancing udara di atas drone agar mengalir ke bawah melalui frame yang didesain sedemikian rupa. Sedangkan untuk menghasilkan tekan udara ia menggunakan kompresor mini yang dinamakan pneumatic speed, dan pneumatic turbin yang diletakkan di bagian dalam drone.

Fauzan mengatakan bahwa selama ini ia masih menggunakan mesin yang diimpor, sementara komponen lainnya seperti rangka dan bagian lainnya ia buat sendiri menggunakan mesin cetak 3D dengan kisaran biaya menghabiskan 5 jutaan.

“Saya masih mencari material yang paling baik supaya drone ini bisa dengan lanca terbang di langit. Dia juga sedang mengurus hak patennya,” jelasnya.

Muhammad Rizqy Fauzan mengaku bahwa awalnya dirinya sangat terinspirasi oleh sosok Mantan Presiden RI keempat yakni Bacharudin Jusuf Habibie. Oleh karena itu ia bercita-cita ingin menjadi seorang ilmuwan yang dapat dikenang seperti sosok Habibie. 

Kini dia baru saja lulus dari sekolah menengah kejuruan dan berniat untuk mengembangkan drone buatannya tersebut. Saat di bangku sekolah, dia pernah mengikuti kejuaraan lomba coding dengan menyabet juara pertama dan menjadi salah satu perwakilan Indonesia di ajang Maker Faire 2016 di Singapura.

Dirinya pun berharap bisa melanjutkan studi di Singapore University of Technology and Design yang merupakan impiannya selama ini. 


(Berbagai Sumber)




Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :