Uc Banner

Jangan Simpan 4 jenis Makanan Ini di Kulkas Karena Beresiko Kanker

Radarislam,com ~ Banyak orang yang terbiasa memasukkan sisa makanan ke dalam kulkas supaya bisa tahan lama dan tidak cepat basi. Tapi ternyata tidak semua makanan aman saat dimasukkan kulkas dan  bisa terjamin kesegarannya. 

Malahan ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kanker kalau dimasukkan dalam kulkas. Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya tidak masuk ke dalam kulkas:

1. Pisang
Pisang disukai karena rasanya yang nikmat dan kandungan gizinya yang tinggi. Sejumlah orang biasa memasukkan pisang ke dalam kulkas tapi tahukah anda jika cara ini justru salah? Kalau disimpan dalam kulkas, pisang akan cepat membusuk karena suhu dingin yang ada pada kulkas. Pisang yang busuk mengandung banyak jamur. Jika dimakan, maka resiko terkena kanker akan meningkat. oleh karena itu, simpanlah pisang dalam tempat yang kering dan berangin. 

2. Coklat
Orang  memilih menyimpan coklat di dalam kulkas karena coklat akan meleleh jika ditempatkan di suhu yang agak panas. Tetapi menyimpan coklat di dalam kulkas akan menurunkan kualitas rasa coklat dan menyebabkan jamur tumbuh lebih banyak pada coklat. Ini akan berdampak buruk pada pencernaan, sistem imun, dan meningkatkan resiko kanker.
Tempat terbaik menyimpan coklat adalah di tempat sejuk dengan suhu 20 derajat celcius, seperti pada ruangan yang ber-AC.

3. Kuah Sop
Jangan sesekali menyimpan kuah sop dalam kulkas dengan wadah yang terbuat dari stainless steel. Di dalam suhu yang rendah, ada reaksi kimia antara kuah dengan wadah tersebut sehingga akan menghasilkan zat berbahaya yang bisa merusak sel tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit kanker. Jika dipanaskan lagi, garam yang ada pada kuah akan berubah menjadi nitrit dan ketika masuk ke dalam tubuh, akan menjadi nitrosamine. Nitrosamine bisa menyebabkan kanker. Kalau kuah sup tidak segera habis, dibuang saja atau disimpan dalam wadah yang terbuat dari kaca. 

4. Daging
Banyak orang yang menyimpan daging sisa yang sudah matang di dalam freezer. Daging yang beku jika dicairkan dengan air panas akan berbeda rasanya dan bisa menyebabkan kanker. Simpanlah daging dalam rak biasa atau di tempat yang bersih dan berangin. 

[cerpen.co.id/radarislam.com]




Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :