Uc Banner

Kapal Perang Iran Pecundangi Armada Laut AS

Radarislam.com ~ Empat kapal laut Iran telah melakukan hal-hal yang berbahaya terhadap armada laut Amerika Serikat di Selat Hormuz. AS bahkan menganggap apa yang dilakukan oleh Iran ini sebagai bentuk “pelecehan” terhadap kapal perang Amerika.

Diberitakan bahwa dua kapal Iran mendekati kapal USS Nitze dengan kecepatan tinggi. Jarak kedua kapal hanya 200 m. 

USS Nitze telah memberikan peringatan kepada Iran sebanyak 12 kali tetapi tidak mendapatkan respon sama sekali. Bahkan, kapal AS telah menembakkan 10 kali ke Kapal Iran tetapi laju Kapal Iran tidak terhentikan. 

“Kedekatan Kapal Iran sudah menciptakan situasi yang sangat berbahaya dan sangat melecehkan sehingga berujung pada eskalasi lebih lanjut,” ujar narasumber. 

USS Nitze akhirnya terpaksa mengalah dan mengubah jalur pelayarannya menjauhi kapal Iran. Sayang, AS tidak mempunyai hubungan diplomatik apapun dengan Iran sehingga tidak dapat melayangkan nota protes. 

Tentara Iran sudah lama menaruh curiga terhadap aktivitas militer AS di perbatasan. Sementara itu, AS dan negara-negara yang lain mengecam tindakan Iran yang mendukung Bashar Al-Assad pada konfil yang terjadi di Suriah. 

Iran juga menjadi sasaran sanksi internasional karena program nuklir yang telah mereka kembangkan. Ketegangan ini bukanlah yang pertama kali terjadi antara AS dengan Iran.
Bulan Desember yang lalu, Iran menembak roket dekat kapal induk Amerika dalam sebuah latihan perang. Januari silam, pasukan Iran menangkap 10 tentara AL AS ketika dua kapal komando yang mereka naiki mendekati Pulau Farsi Iran di Teluk Persia. Sepuluh tentara tersebut sudah dibebaskan. 

AS juga pernah melaporkan tindakan Iran yang menerbangkan drone tanpa senjata di atas kapal perang AS. Kejadian pada Januari 2016 silam tersebut dianggap “Abnormal dan tidak profesional.”

Sumber: CNN Indonesia
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :