Uc Banner

Ratusan Eks OPM Gabung NKRI dan Rayakan Hari Kemerdekaan di Papua

Radarislam.com ~ Siapa sangka jika markas Organisasi Papua Merdeka (OPM), Tingginambut, Puncak Jaya, Papua menjadi tempat perayaan HUT ke-71 NKRI. Perayaan tersebut diwarnai dengan sikap dari ratusan mantan anggota OPM.

Mereka menyatakan kesetiaan mereka pada NKRI dan pernyataan ini dibaca langsung oleh mantan anggota OPM Boni Telenggen setelah upacara perayaan.

“Kami akan selalu setia pada NKRI dan mendukung penuh proses pembangunan di Puncak Jaya,” ujar Boni di Puncak Jaya, Papua, seperti dilansir Viva.co.id (17/8/2016).

Ratusan mantan anggota OPM menyatakan selalu setia karena menurut mereka perjuangan memerdekakan Papua hanyalah mimpi yang akan membawa pada penderitaan panjang.
Jika mereka mendukung pemerintahan saat ini, masyarakat Tingginambut bisa melakukan aktivitas normal. 

“Tidak ada yang namanya kekerasan dan penjagaan yang berlebihan dari aparat. Anak-anak dan orang tua bisa beraktivitas secara normal,” tuturnya. 

Dia juga berjanji mengajak masyarakat Tingginambut mendukung pemerintahan yang sah sekarang  

“Kami akan mendukung program pemerintah di Tingginambut,” ujar Boni. 

Tidak hanya itu, Boni juga mengatakan dirinya akan membujuk Goliat Tabuni, pimpinan tertinggi OPM, agar mau bergabung dengan NKRI. 

Boni juga meminta kelompok-kelompok seperti United Liberation Movemen West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menghentikan penipuan atas nama rakyat Papua. 

“Kami sudah berjuang dengan impian yang semu. Stop tipu-tipu menggunakan nama rakyat Papua untuk kepentingan kelompok. Kami ini orang Indonesia,” tegas Boni. 

Menurut Boni, pimpinan tertinggi OPM yaitu Goliat Tabuni masih berada di atas gunung dan sekarang sudah tua. 

Saat ini, ada kurang lebih 600-an eks anggota OPM yang siap bergabung dengan NKRI. Mereka yang menyatakan untuk bergabung diberikan rumah yang layak huni oleh pemerintah.  (*)



Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :