Uc Banner

Bacalah Surah Berikut Ini, Niscaya 70 Ribu Malaikat Memohonkan Ampunan

Radarislam.com ~ Al Quran adalah anugerah yang diturunkan oleh Allah kepada umatNya sebagai pedoman. Di antara 114 surat, terdapat makna dan kandungan yang sangat dalam. Tidak cuma itu, setiap surat pada Al Quran memiliki keistimewaan.

Salah satu surat yang istimewa itu adalah Ad-Dukhoon. Surat yang diturunkan di Kota Makkah tersebut mempilik 59 ayat. Ad Dukhoon artinya kabut asap karena di dalamnya menceritakan soal asap. 

Hadist soal keutaam surat tersebut termuat dalam hadist riwayat Tirmidzi. 

Rasulullah SAW bersabda 

“Barangsiapa yang membaca Ad-Dukhoon (QS. 44) pada satu malam, maka 70.000 malaikat akan memohonkan ampunan baginya.” (HR Tirmidzi)

Malaikat tidak akan memberikan syafaat kecuali pada orang-orang yang telah diridhai oleh Allah. Mereka beristighfar supaya orang-orang yang beriman diampuni dosanya oleh Allah. 

“Hampir saja langit itu pecah dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Rabbnya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang berada di bumi bahwa sesungguhnya Allah-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Asy-Syura:5). 

Istighfar yang disampaikan oleh malaikat adalah bentuk kasih sayang mereka terhadap manusia karena mereka mendoakan manusia dari tempat yang tidak dilihat dan tidak diketahui oleh manusia.
Doa semacam ini lebih kuat dikabulkan karena malaikat melihat dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia dan mereka juga mengerti dampak buruk dari dosa-dosa itu. Istighfar untuk kaum mukminin dilakukan terlebih dahulu baru kemudian doa-doa kebaikan bagi mereka.

Keistimewaan ini bukan berarti menafikkan surat lain dalam Al Quran. Surat-surat lain sama istimewanya dengan surat ini hanya berbeda keunggulannya. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW memerintahkan pada kita supaya mempelajari semua isi Al Quran bukan hanya surat tertentu saja. 

Sumber: infoyunik.com/ radarislam.com

Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :