Uc Banner

Video: Merinding! Ratusan Muslim Gaza Turut Rayakan HUT RI ke-71

Radarislam.com ~ Di tengah perang dan kedukaan yang melanda, Muslim Palestina masih menunjukan kepeduliannya pada Indonesia. Ketika Indonesia sedang merayakan HUT yang ke-71, mereka juga ikut memeriahkannya di Koda Asda Khan, Gaza Selatan.
  
Meskipun harus dengan jenset, panitia akhirnya bisa memutar lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya. Muslim Palestina mengaku sangat penting merayakan HUT RI agar solidaritas antara kedua negara terjaga. Selain itu, agar mereka juga tetap selalu semangat memperjuangkan hak Palestina untuk merdeka. 

Israel telah menjajah Palestina selama 60 tahun. Dalam sepuluh tahun terakhir, mereka terisolasi dari dunia luar akibat blokade Israel.

Ada kurang lebih 200 orang yang datang dan ikut memperingati HUT RI tersebut. Di antaranya para hafidz dan hafidzah santri Daarul Qur’an Nusantara cabang Gaza Palestina.
“Acaranya sederhana tapi sangat meriah. Kami merasa senang karena bisa hadir dan tahu akan sejarah kemerdekaan RI,” tutur seorang santri Gaza. 

Acara tersebut dimeriahkan oleh grup drumband santri Gaza, pengibaran bendera Indonesia dengan lagu Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera Palestina dan diiringi dengan lagu Kebangsaan Palestina. 

“Harus tetap disyukuri Kemerdekaan yang diraih oleh rakyat Indonesia. Kami sebagai rakyat Palestina mengucapkan selamat atas kemerdekaannya. Insya Allah kami akan meraih kebebasan dan terbebas dari penjajahan supaya kelak bisa shalat bersama di Masjidil Alqsa. Aamiin."

 Indonesia sendiri sangat mendukung kemerdekaan Palestina dan proses itu masih berjalan hingga saat ini. Hal tersebut juga diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault pada 6 Juli lalu.

"Indonesia akan terus berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas negara Palestina sebagai bagian dari upaya internasional mendorong perdamaian Palestina-Israel," kata Menlu Retno.

Indonesia pun menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) di Jakarta pada Maret lalu.

Dalam KTT tersebut, dibahas pula dukungan-dukungan untuk kemerdekaan Palestina dengan negara-negara anggota OKI lainnya..


Lihat Videonya :




Sumber: Suara Palestina
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :