Uc Banner

Kenali Bahaya Mematikan Jika Minyak Goreng Digunakan Berulang Kali

Radarislam.com ~ Mungkin banyak dari kita yang menggunakan minyak goreng yang berulang kali. Minyak sisa penggorengan atau jelantah tersebut sangat beresiko bagi kesehatan manusia.
 
Namun, jika melihat efek samping yang dapat terjadi, maka Anda perlu menghilangkan kebiasaan ini. Minyak yang telah digunakan untuk menggoreng, akan menyisakan residu, yang berbahaya bagi kesehatan

“Penggunaan minyak goreng yang seperti itu bisa menyebabkan kolesterol serta penyakit yang berbahaya lainnya,” tutur dr Dharma Lindarto SpPD-KEMD dalam acara Peringatan Hari Diabetes Sedunia seperti dilansir situs Republika.co.id


Orang-orang sebaiknya jangan lagi menggunakan minyak sisa penggorengan itu karena resikonya buruk bagi kesehatan serta rawan penyakit. 

“Bila minyak goreng telah dipakai sebanyak tiga kali seharusnya mesti ditukar dengan minyak goreng yang masih baru,” ucapnya. 

Dharma mengatakan bahwa selama ini banyak sekali ibu rumah tangga yang menggunakan minyak goreng enam hingga tujuh kali baru diganti dengan minyak goreng yang baru. Cara-cara yang seperti itu bisa menyebabkan terjadinya penyakit. 

“Minyak sisa penggorengan bila warnanya sudah menghitam serta ada sisa-sisa atau serbuk penggorengan. Itulah yang menyebabkan kolesterol tinggi,” katanya. 

Kualitas minyak tersebut bahkan akan menyusut.
“Orang-orang diharapkan tidak lagi memakai minyak sisa penggorengan dengan cara berulang kali supaya tidak  terkena penyakit kolesterol,” ungkap ahli dan pakar diabetes.


Sedangkan seperti dikutip Radarislam,com dari laman Boldsky (16/5/2014), merilis 5 bahaya dan ciri apa saja yang dihasilkan minyak bekas ini? Berikut penjelasannya:

1. Minyak yang digunakan dapat menyimpan residu dari makanan olahan sebelumnya. Dan bisa saja berbahaya jika digunakan untuk menggoreng bahan lainnya.

2. Minyak bekas bisa membawa zat karsigenik, yaitu zat yang akan memicu timbulnya kanker.

3. Makin banyak minyak digunakan untuk menggoreng, maka akan semakin meningkat risiko bagi kesehatan.

4. Minyak yang terlalu panas, akan cepat rusak. Dan minyak yang rusak tidak baik bagi tubuh.

5. Kenali titik jenuh minyak, dengan menggunakan termometer. Biasanya ada dalam kemasan minyak yang dijual.

Mari membiasakan pola hidup sehat. Khusus bagi yang hobby makan gorengan, sebaiknya periksa dulu bagaimana kondisi minyak goreng penjual gorengan tersebut, jika warnanya sudah mulai menghitam, hindari beli gorengan tersebut.

Sayangi kesehatan anda, lebih baik mencegah daripada mengobati. Anda setuju?


[Radarislam,com]
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :