Uc Banner

Diplomat Cantik ini "Hajar Balik" 6 Pimpinan Negara Yang Kritik Indonesia di Sidang PBB

Radarislam,com ~ Sidang Umum PBB yang ke-71 nampaknya akan menjadi sidang yang cukup mengesankan bagi Indonesia. Pasalnya sidang yang digelar di New York, Amerika Serikat ini membahas Sustainable Development Goals (SDGs). Indonesia juga berpartisipasi dalam sidang tersebut dan memaparkan beberapa program dari pemerintahan serta tantangan yang mesti dihadapi oleh dunia.

Sidang ini dihadiri oleh para pemimpin negara dan diplomat, termasuk diplomat cantik asal Indonesia yaitu Nara Masista. Wanita tersebut menarik perhatian banyak orang karena ketegasannya membalas pidato para pimpinan negara Pasifik.

Wanita yang lahir pada tahun 1982 tersebut mewakili tanah air menggunakan hak jawab terhadap berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh Presiden Nauru, Presiden Kepulauan Marshall serta 4 perdana menteri dari negara-negara Pasifik dalam sidang umum PBB. Pertanyaan keenam pimpinan negara tersebut  terkait soal pelanggaran Hak Asasi Manusia yang ada di Papua dan Papua Barat.

Nara Masista menjelaskan bahwa para pemimpin negara itu tidak menggunakan Sidang Umum PBB untuk intervensi dan melanggar kedaulatan yang ada dalam suatu negara.

“Kami menolak mentah-mentah sindiran yang dilontarkan pada kami oleh mereka. Itu jelas menunjukkan ketidakpahaman mereka terhadap sejarah dan perkembangan yang ada di Indonesia,” jelas Nara.

Wanita itu lalu meneruskan penjelasannya soal berbagai usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah soal isu penegakan HAM dalam negeri dan juga mendukung berbagai upaya penegakan HAM internasional. Sikapnya yang tegas dan dengan argumen yang tajam ini membuat Nara Masita disorot oleh media-media internasional.

“Sebagai kesimpulan, pepatah Asia Pasifik mengatakan ketika seseorang menunjuk orang lain dengan jari telunjuknya, jari jempolnya pun otomastis menunjuk pada dirinya sendiri,” kata Nara.

Kemampuan  diplomasi wanita berusia 34 tahun ini tentu tak perlu diragukan lagi karena dia merupakan alumni FISIP UI jurusan Hubungan Internasioanl. Kini, dia sedang melanjutkan S2 nya di St Andrews University.

Selain itu, Nara Masista juga dikenal sebagai peneliti dengan publikasi internasional seperti salah satu judulnya yaitu Intraste Conflict Management: The Twin Track Approach. Banyak yang menjadikannya sebagai rujukan pembelajaran di dunia soal kebijakan luar negeri.
Simak aksi Nara Masista dalam video berikut ini:


Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :