Uc Banner

Ingin Meraih Keberkahan dalam Hidup? Terapkan 6 Kunci Berikut Ini

Radarislam,com ~ Menjalani hidup yang penuh berkah merupakan impian setiap orang khususnya umat muslim. Kita sering mendengarkan doa supaya hidup mendapatkan berhak baik dalam usia, keluarga dan lain sebagainya. Sudahkah kita tahu apa artinya berkah? Secara bahasa, al-barokah artinya berkembang, bertambah dan bahagia. Sedangkan menurut Imam Nawawi, barokah itu artinya kebaikan yang abadi atau tetap.

Dengan memahami makna dari barokah tentu kita semakin ingin hidup dihiasi oleh keberkahan. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana mendapatkan keberkahan? 
   
Berikut ini adalah kunci-kunci hidup berkah:

1. Tawakkal kepada Allah SWT
Tawakkal dalam gerak adalah tanda bahwa iman sudah tertanam bagus dalam diri seseorang. Sikap tawakal ini akan mendatangkan keberkahan. Orang yang tawakal mempunyai ciri khas yaitu pembawaan yang tentram dan tenang. Hatinya akan selalu teguh terhadap impian dan merasa ridho serta ikhlas terhadap apa saja yang diperoleh.

2. Sedekah
Rasulullah bersabda “Tidak ada harta yang berkurang karena sedekah.” Harta tak mungkin dititipkan pada hati yang enggan berbagi. Tidak heran jika orang yang dermawan maka hidupnya akan bahagia, enteng dan mudah.

3. Selalu istighfar
Setiap gerak gerik langkah kita pasti diikuti oleh syetan maka kita tak pernah tahu kapan amalan kita didasari niat baik atau niat buruk. Maka dari itu, kita sangat perlu istighfar. Rasulullah bersabda “barang siapa yang beristighfar, maka Allah akan memberikan jalan keluar dan menghilangkan kegaluan.” (HR. Achmad). Istighfar merupakan kalimat tobat yang paling disukai oleh Allah SWT sehingga kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

4. Harta yang halal
Sebagai manusia yang sudah dewasa dan berakal, seorang muslim tentu bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Mana yang halal dan yang haram. Agar bisa berkah, segala sesuatu harus diawali dengan yang baik dan halal. Itu akan berbuah pada ketentraman dan ketenangan batin. Cara memperoleh menjadi kunci utama keberkahan.

5. Perbanyak Silaturahmi
Silaturahmi merupakan hal yang paling baik yang dicontohkan oleh sang Rasul. Rasul sendiri mengatakan bahwa ketika seseorang bersilaturahmi maka kerabat akan emndapatkan banyak keberkahan, umur panjang, pahala, rezeki, cinta serta ridho Allah SWT. Jika ingin hidup berkah, perbanyaklah silaturahmi.

6. Bersyukur
Setiap langkah yang dipenuhi oleh istighfar maka paling cocok ditemani oleh ucapan syukur. Rasa syukur akan membuat kita mendapatkan keberkahan. Allah berfirman, “Sesungguhnya jika engkau bersyukur, kami akan menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkarinya maka azabKu sangat pedih.” (QS Ibrahim:7)

Meraih hidup penuh berkah harus senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya sekaligus mendekatkan diri dengan sesamanya melalui kesalehan personal, ritual, dan kesalehan sosial serta moral.

Ya Rabb berkahilah hidup kami dengan kasih sayangmu di dunia sebagai bekal kehidupan kekal kami di akhirat kelak. Aamiin Allahuma Aamiin...

Sumber: Republika.co.id/ Radar Islam










Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :