Uc Banner

Tips Ampuh Hindari Pemborosan Pulsa Listrik Rumah Tangga

Radarislam,com ~ Listrik kini menjadi kebutuhan masyarakat modern. Kini, listrik prabayar atau listrik pintar lebih sering digunakan oleh masyarakat. Penggunaan listrik pra bayar bisa membuat pemakaianya mengendalikan listrik yang digunakan.

Sistem listrik pra bayar sama sistemnya dengan pulsa pra bayar pada telepon genggam sehingga memudahkan pemakai. Selain itu, keuntungan listrik pra bayar adalah pemakai tidak perlu mencemaskan biaya keterlambatan yang menghantui.

Harga dari voucher listrik pra bayar berkisar dari Rp 20 ribu sampai dengan Rp 2 juta. Tergantung dari kemampuan si konsumen. Biaya listrik pra bayar ini biasanya dikenai biaya administrasi bank dan PPJ (Pajak Penerangan Jalan) maksimal 10%.

Dikutip Radarislam.com dari laman Rumah.com (19/9), kedua biaya tambahan ini cukup besar sehingga bisa membengkak jika pemakaian listrik tidak dikontrol dengan baik. Lalu apa tips supaya biaya pulsa listrik bisa ditekan? Simak tips-tips berikut: 

1. Lampu LED

Sudah bukan rahasia yang umum jika penggunaan lampu LED bisa meminimalkan ongkos pulsa listrik yang cukup besar. Lampu jenis ini punya keunggulan yaitu lebih hemat energi, tidak panas dan lebih terang. Selain itu warna benda yang dihasilkan lebih natural serta tahan lama.
Lampu LED juga bisa mengeluarkan cahaya yang lebin terang setara dengan lampu yang berdaya listrik lebih besar.

2. Berikan banyak ventilasi di rumah

Tak dipungkiri bahwa AC memakan daya listrik yang cukup besar sehingga membutuhkan biaya listrik yang cukup besar. Untuk mengatasinya, buat bukaan ventilasi dalam ruangan rumah. Kalau penempatannya cukup pas, pemilik rumah tidak perlu lagi menggunakan perlengkapan elektronik untuk mengusir hawa panas.

Agar nyamuk tidak masuk, pasang kasa nyamuk pada masing-masing ventilasi.

3. Jangan terlalu sering menggunakan mesin cuci

Gunakanlah mesin cuci ketika pakaian benar-benar kotor dan sangat banyak jumlahnya. Jika hanya mencuci beberapa potong pakaian saja, lebih baik mencuci manual dengan tangan sendiri.

4. Gunakan wastafel dapur dengan baik

Cucilah piring pada wastafel saat sudah menumpuk banyak. Dengan demikian, air bisa dihemat sedemikian rupa sehingga penghematan listrik bisa berjalan dengan maksimal.

[Radar Islam/ Rumah.com]
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :