Uc Banner

Wanita Tercipta Dari Tulang Rusuk Pria, Begini Maksud Yang Sebenarnya

Radarislam,com ~ Terdapat beberapa hadits yang menyatakan bahwa wanita tercipta dari tulang rusuk lelaki. Apa maksud dari hadits di atas?

ن اْلَمْرأَةَُخِلقَْتِمْنِضلَعٍ,لَْن تَْستَِقْيَم لََكَعلَىَطِرْيقٍَة, فَإِِن اْستَْمتَْعَت بَِهاِْ ستَْمتَْعَت بَِهاَوفِْيَهاِعَوٌج,َوإِْنَذَهْبَت تُِقْيُمَهاَكَسْرتََهاَوَكْسُرَهاَطلاَقَُها

“Sesungguhnya wanita itu tercipta dari tulang rusuk. Dia tidak bisa lurus dengan satu jalan. Jika engaku ingin bersenang-senang dengannya, kau bisa melakukannya namun ada kebengkokan padanya. Jika engkau sangat ingin membuatnya lurus, engkau bisa memecahkannya. Dan pecah tersebut adalah talaknya.” (HR. Muslim).

Allah SWT berfirman

يَا أَيَُّها النَّاُس اتَّقُواَْربَُّكُم الَِّذيَخلَقَُكمِّمن نَّْفٍسَواِحَدةٍَوَخلََقِمْنَهاَزْوَجَهاَوبََّث ِمْنُهَماِرَجالاًَكثِيراًَونَِساءَواتَّقُواّْ

“Hai manusia. Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan dirimu satu dan Allah menciptakan istri darimu. Dari keduanya, Allah akan mengembangbiakkan lelaki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah Allah dengan menggunakan namaNya. Kamu bisa saling meminta satu dengan yang lain. (Peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah akan mengawasi dan menjaga kamu.” (AnNisa:1)

Allah juga berfirman

“Dia yang menciptakan kamu dari satu dan dan darinya Dia menciptakan istrinya, supaya dia merasakan senang kepadanya. Setelah istrinya dicampuri, istrinya mengandung dengan kandungan yang ringan dan dia merasa ringan (beberapa waktu).

Lalu ketika dia merasa berat, suami istri meminta kepada Allah, Tuhannya sambil berkata:

“Sesungguhnya jika engkau memberikan kami anak yang sempurna, kami akan masuk dalam golongan orang-orang yang bersyukur,” (Al A’raf:189).

Jika Quran dipadukan dengan haidts tak ada pertentangan. Hawa diciptakan dari tulang rusuk nabi Adam as. Fatwa Saudi mengatakan bahwa maksud dari ucapan ini yaitu “wanita diciptakan dari tulang rusuk pria”. Dzahir hadits menunjukkan bahwa wanita (yang dimaksudkan di sini adalah hawa) tercipta dari tulang rusuk Adam.

Pengertian semacam ini tidak menyalahi hadits yang lain yang menyebutkan bahwa wanita serupa dengan tulang rusuk. Ia bengkok seperti tulang rusuk karena ia berasal darinya. Kebengkokan wanita tidak dapat disangkal. Jika suami ingin meluruskannya dengan sangat lurus, maka akan terjadi perselisihan dan perpisahan.

Sebaliknya, jika suami bersikap sabar dan maklum dengan kelemahan akal istrinya, maka kebersamaan mereka akan langgeng.

Ini diterangkan oleh AlHafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari. Dengan ini bisa diketahui bahwa pengingkaran penciptaan Hawa dari tulan rusuk Adam tidak benar.

Kesimpulannya:

Makna wanita diciptakan dari tulang rusuk adalah makna dzahir

Suami seharusnya memaklumi kebengkokan istrinya dan besabar. Ketika datang bulan, si istri merasa sensitif, suami sebaiknya mengingat kebaikan-kebaikan istrinya dalam merawat anak-anak mereka dan bersabar di dalam rumah demi suami.
Istri juga harus menyadari bahwa dirinya bengkok dan seringkali menyusahkan suami. Dia jarang mengingat kebaikan sang suami. Sehingga kebanyakan penduduk neraka adalah wanita karena sering mengingkari kebaikan sang suami. [Radar Islam/ Kabarmakkah.com]

Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :