Uc Banner

6 Jenis Syafaat Rasulullah Dan Yang Paling Dirindukan Umat Islam di Akhirat Kelak

Radarislam.com ~ Umat Islam wajib mengimani adanya hari kiamat atau hari akhir tanpa keraguan sedikit pun. Termasuk mengiman segala sesuatu yang berhubungan dengan hari kiamat. Salah satunya yaitu tentang syafaat yang diberikan oleh Rasulullah SAW kepada Umat Islam yang berhak mendapatkannya.

Syafaat Rasulullah ini akan diberikan dengan seizin Allah SWT kepada Umat Islam. Ibnul Qayyim menerangkan dalam kitab Fath Al Majid karangan Syaikh Abdurrahman bin Hasan Rahimahullah bahwa terdapat 6 jenis syafaat Rasulullah yang akan diterima oleh muslim. Ini diterangkan dalam kitab Fath Al Majid.

6 jenis syafaat Rasulullah itu antara lain:

1. Syafaat Al Kubra (Syafaat Yang Besar) Untuk Semua Manusia

Syafaat jenis ini diberikan oleh Nabi Muhammad SAW ketika para nabi yang lain tidak bisa memberikan syafaat kepada manusia. Ketika itu, manusia akan mendatangi para nabi dan memohon supaya penderitaan mereka menjadi lebih ringan di Padang Mahsyar. Hanya Nabi Muhammad saja yang bisa memberikan syafaat tersebut.

2. Syafaat untuk Calon penghuni Surga
Bentuk syafaat ini tertera dengan jelas dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim. Dengan kata lain, syafaat ini adalah bentuk kasih sayang Rasulullah kepada umatnya yang berusaha dan terus bersabar melakukan amal shaleh di dunia.

3. Syafaat Rasul untuk Umat yang Akan Masuk Neraka
Cinta Rasulullah kepada umatNya dibuktikan dengan syafaat bagi pelaku maksiat yang seharusnya masuk ke neraka. Karena syafaat Rasulullah ini, pelaku maksiat yang pernah melakukan kebajikan tidak akan masuk dalam neraka.

4. Syafaat untuk Pemeluk Agama Tauhid yang Durhaka Atas Dosanya
Hadits yang menerangkan tentang ini sifatnya mutawatir dari Rasulullah. Para sahabat dan ahlusunnah mengatakan bahwa siapa yang tidak percaya dengan hal ini akan dianggap sesat.

5. Syafaat Rasulullah untuk Penghuni Surga supaya Ditambahkan Nikmatnya
Syafaat ini hanya akan diperoleh mereka yang sungguh ikhlas dan tidak mencari perlindungan selain dari Allah. “Peringatkanlah dengannya (Al Qur’an) itu orang yang takut akan dikumpulkan menghadap Tuhannya (pada hari kiamat), tidak ada bagi mereka pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah, agar mereka bertakwa.” (QS Al An’am 51)

6. Syafaat Rasulullah Kepada Keluarganya Yang Belum Memeluk Islam Namun Memiliki Kecintaan Terhadapnya.

Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata: “Rasulullah memberikan syafa’at kepada manusia pada hari kiamat, yaitu dengan memberikan ketenangan pada waktu mereka dalam ketakutan. Rasul juga memberikan syafa’at dengan memohon keringanan adzab untuk sebagian orang-orang kafir, sebagaimana yang terjadi pada diri paman beliau Abu Thalib. Rasul juga memberikan syafa’atnya dengan memohon kepada Allah untuk mengeluarkan sebagian orang mukmin dari siksa api neraka atau memohonkan mereka untuk tidak dimasukkan ke dalam api neraka setelah ditetapkan bahwa mereka akan masuk neraka. Rasul juga dapat memberikan syafa’at bagi seseorang untuk masuk surga tanpa melalui proses hisab atau dengan mengangkat derajat sebagian mereka untuk bisa tinggal dalam surga yang lebih tinggi.” (Fathul Bari syarah Shahih Bukhari)
Semoga kita termasuk muslim yang beruntung mendapatkan syafaat di akhirat nanti. [Radar Islam/ Berbagai Sumber]

Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :