Uc Banner

7 Bulan Menghilang, Kemana Istri Kim Jong Un?

Radarislam.com ~ Sudah 7 bulan istri dari Kim Jong Un, Ri Sol-Ju menghilang dan tak tampak di depan umum. Banyak yang menduga dia sedang hamil atau disingkirkan oleh suaminya.
Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju (Reuters)
Para ahli menilai bahwa reputasi Ri menurun karena belakangan diketahui bahwa kekuatan di balik tahta sang diktator adalah adiknya yaitu Kim Yo Jong.

Kim Yo Jong telah ditugaskan pada Departemen Propaganda dan Agitasi Korea Utara pada tahun lalu. Dia bertanggung jawab membangun citra kakaknya.

Kantor berita Korea Selatan menyebutkan bahwa Ri terakhir kali terlihat pada tur di sebuah komplek kesehatan Pyongyang pada 28 Maret 2016 silam.

Profesor Toshimitsu Shigemura di Waseda University yang fokus pada kepemimpinan Korut menyebutkan bahwa ketidakhadiran istri Kim Jong Un bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

“Bisa jadi dia sedang hamil atau dia bermasalah dnegan suaminya,” jelas Shigemura.
“Ada beberapa ketidakstabilan di Pyongyang bahkan ada upaya serangan dari faksi militer di Korea Utara terhadap Kim tahun lalu.”

“Bisa saja Ri tidak hadir karena dalam penjagaan yang sangat ketat,” tambah Shigemura.
Ri sebelumnya juga pernah tak muncul di publik pada tahun 2012. Ini menimbulkan dugaan yang kuat bahwa dia sedang mengandung. Teman dekat Kim mengatakan bahwa Ri telah melahirkan anak wanita pada akhir 2012.

Tak sedikit pula yang menganggap Kim Jong Un sengaja menyingkirkan sang istri karena telah terjadi sesuatu tak menyenangkan antara mereka. [Radar Islam/ Liputan6]





Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :