Uc Banner

Kisah Wan Sehan dan Seorang Jawara Yang Punya Ilmu Kebal



Kisah Wan Sehan dan Seorang Jawara Yang Punya Ilmu Kebal
Radarislam.com ~ Karomah yang dimiliki para Wali merupakan sesuatu perkara yang terjadi diluar kemampuan akal manusia biasa untuk memikirkan atau menciptakan. Perkara itu (karomah) diberikan Allah kepada hamba pilihanNya. Yaitu kepada para wali-waliNya yang setiap sikap perbuatan, ucapan dan hatinya selalu bergerak dalam khasanah Allah semata.

Kalau jaman dahulu sosok Waliyulloh dapat dijumpai disetiap daerah karena derajatnya ditinggikan dan ditampakkan karomahnya oleh Allah SWT sebagai “Himmatul Ummah”, sosok manusia yang mempunyai kharisma dan karomah tinggi dihadapan Ummat seperti kisah perjuangan Wali Songo. Tapi di jaman sekarang Derajat dan Karomah kewaliaan tidak semua ditampakkan dan banyak Para Waliyulloh menutup diri dari pandangan sifat manusia karena takut terjadi Fitnah ditengah umat. Karena kehidupan manusia yang selalu berubah cenderung kepada kehidupan duniawiyah dan jauh dari ilmu agama.

Berbicara tentang sosok Waliyulloh memang sangat sulit dinalar oleh akal sehat. Apalagi mereka yang tergolong Wali Jadzab atau Majdub atau Majdzub. Majdzub secara bahasa adalah tertarik, terhisap atau lebih mudah lagi adalah tenggelam dalam keasyikan kepada suatu hal.

Jika orang itu lupa dengan segala2nya kecuali Allah swt, maka ia dinamakan "Majdzuburrahman". Demikian istilah para sufi, dan dalam kepribadiannya ia biasanya berusaha untuk menutupi kesholihannya, dengan berpakaian kotor dan berlaku seperti orang gila, hal ini tidak disukai oleh para Ulama dan Ahlilma/’rifah billah, namun mereka tak mau merendahkannya, sebagaimana peringatan Rasul saw agar jangan merendahkan mereka sebagaimana dalam hadits Beliau SAW :

"Barangkali orang yg berpakaian rombeng dan kumal yg diusir-usir di pintu-pintu rumah itu, bila bersumpah dan berdoa kepada Allah, Dia segera mengabulkannya". (HR Muslim)

Sedangkan Jadzab sendiri merupakan istilah yang biasanya dilabelkan kepada seseorang yang bertingkah nyeleneh atau tidak wajar.

Dan Seorang yang kini sering sekali disebut-sebut oleh para ulama dan para habaib sebagai Waliyullah yang Jadzab (nyeleneh) itu adalah Wan Sehan. Banyak sekali cerita aneh yang sebagian orang menyebutnya sebagai karomah Beliau, yaitu Al Habib Syaikhon bin Musthofa Al Bahar. Salah satunya adalah cerita yang dikutip Radarislam.com dari Forum Kaskus.com dari Kaskuser bernama Koblammaut, berikut kisahnya.
Kisah Wan Sehan dan Seorang Jawara Yang Punya Ilmu Kebal


Kejadian Pertama
Saat itu, sahabat saya diminta mengantarkan tetangganya kesuatu tempat, ternyata Wan Sehan ikut juga. Tiba-tiba begitu mobil mau jalan, ia ditoyor dari belakang. Bahkan ia dipukuli sampai bonyok.

Seorang tetangga yang melihat kejadian itu berusaha mengingatkan, “Jangan digebukin Wan, ntar anak orang mati bagaimana?”

"Biarin dia mati! ngaku manusia tapi sholat kaga, maksiat doyan!!" Jawab Wan Sehan.

Padahal teman saya itu jawara Rorotan, deket marunda. Tak sampai disitu, teman yang merupakan satu kerjaan dengan saya disalah satu pool truck trailler besar di Jakarta Utara itu punya cerita lain bahkan lebih parah dari kejadian pertama.

Kejadian Kedua
Sebagai seorang sopir trailer, dia sudah melanglang buana kemana saja. Namanya pun terkenal dan disegani sebagai jagoan. Dia termasuk jawara, jangankan golok, peluru pun tidak takut karena merasa punya ilmu kebal. Pernah suatu ketika, Ban Truk bersama velgnya bisa diangkat hanya dengan satu tangan. Sampai-sampai orang yang melihatnya gerah tapi yang pasti teman satu kerjaan saya tidak ada yang berani sama dia.

Ceritanya, Sang Jawara itu sedang bertamu ke temannya, dan kebetulan bertemu lagi dengan Wan Sehan. Lalu dia menyapa, "Assalaamu'alaikum" katanya.

Bukannya jawaban salam yang didengar, tapi Wan Sehan justru mengumpat-ngumpat sama dia.

“Setan luh! ngapain lu kemari!!! klo lu manusia kaga make tuh begituan!!” Kata Wan Sehan marah, Tiba-tiba Wan Sehan malah melempar muka dia dengan Asbak yang terbuat dari kaca.


Praaakkkkk!!!!

Darah mengalir deras dari jidat si Jawara, mukanya sampai basah kuyup oleh darah segar. Padahal ia sudah belajar ilmu kebal bahkan tidak mempan ditembak. Takut, heran bercampur malu, tanpa basa-basi dia langsung nyelonong pulang ke rumah.

Sampai dirumah dia langsung tidur. Baju yang terkena darah bekas lukanya itu hanya digantung diatas tempat tidur tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Tapi saat bangun tidur, terjadilah keanehan. Muka yang tadinya sobek, tiba-tiba kembali licin, bersih tanpa ada bekas luka.

Setelah kejadian itu dia langsung bertobat. Ilmunya sekarang sudah rontok. Dan Alhamdulillah setiap dengar suara adzan, sekarang dia langsung berlari ke Masjid untuk menunaikan sholat. Baju bekas darah akibat dianiaya Wan Sehan itu pun hingga kini masih dia simpan.

Memang banyak kisah wan sehon yg unik. Saya sendiri pernah mengalaminya dirumah saya.

Ada beberapa pendapat yang mengangap bahwa cerita tentang
Habib Syaikhon mengada ada, mengandung Kufarat, tahayyul. Akan tetapi bagi Waliyulloh kemampuan tersebut bukanlah sesuatu yang beliau cari. Itu adalah anugerah Allah yang diberikan kepada para waliyulloh, karena mereka telah melakukan pengembangan potensi ruh dengan cara melakukan amal khariqul ‘adah (amal ibadah yang melampaui lazimnya kesanggupan manusia). Sehingga Allah pun menganugerahkan kepada mereka kemampuan khariqul ‘adah (kemampuan melakukan sesuatu hal yang berada di luar kemampuan lazimnya manusia).

Artikel Terkait:
- Kisah Wali Jadzab yang Nyeleneh Ini Akan Membuat Anda Terkagum-kagum, Bacalah Sampai Tuntas

- Kisah Gus Miek Ketahuan Sholat Diatas Daun Pohon mangga


Semoga bisa dipetik hikmahnya. Wallahu'alam [Radar Islam/ RW]
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :