Uc Banner

Pasca Larang Adzan, Israel Dilanda Kebakaran Hebat, Netizen Sebut Terkena Azab



Radarislam.com ~ Alasan suara azan bising dan mengganggu orang yang mendengarnya, Israel menyiapkan RUU larangan adzan menggunakan pengeras suara di Palestina. Pengesahan RUU itu sempat tertunda dari jadwal semula 14 November 2016.

Kini, Israel kalang kabut dilanda kebakaran hebat. Api besar mengepung kota Haifa. Membuat wajah kota pelabuhan itu membara.

Sedikitnya, 12 kompleks perumahan telah menjadi korban keganasan api tersebut. Belum diketahui secara pasti berapa kerugian materiil akibat kebakaran mengerikan itu. Channel 2 Israel melaporkan, tak kurang dari 60 ribu warga Israel telah meninggalkan rumahnya di Haifa.

Karena tak mampu memadamkan api yang terus meluas akibat angin kencang yang membersamainya, Israel telah meminta bantuan sejumlah negara. Di antaranya adalah Italia, Kroasia dan Rusia.

Diperkirakan ada 220 titik penyebaran api sejak Selasa (22/11/2016) lalu, 189 titik di antaranya terjadi di areal terbuka.

Kobaran api membesar dan melalap wilayah tengah dan utara memasuki pada Rabu (24/11/2016), hari kedua saat kebakaran terjadi. Associated Press (AP) melaporkan, akibat kebakaran ini ribuan warga Israel  dievakuasi, termasuk warga Nataf 19 KM dari barat Yerusalem.

Api mulanya menyebar dari Zichron Yaakov, dekat dengan Hutan Carmel di wilayah utara Israel. Akibat tiupan angin kencang mengakibatkan api makin membesar pada hari Kamis (24/11/2016). Kobaran api makin membara di mana-mana dan makin susah dijinakkan.

Kebakaran juga meliputi wilayah perbukitan Yerusalem, dekat dengan Zichron Yaakov menyebabkan banyak rumah dilaporkan ludes oleh lahapan api. Api juga melalap hutan.

Beberapa sekolah di Modiin telah ditutup. Selain itu, jalan di Klil Hahoresh, Dotan Valley, dan Yair Peleg telah ditutup.

Menurut media Israel, Haaretz, pihak berkuasa meyakini kebakaran itu berawal dari perbuatan sabotase.

Pemerintah Israel mengalami kepanikan luar biasa. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memaksa meminta bantuan negara tetangga untuk ikut memadamkan kobaran.


Sementara itu, sebuah akun di Youtube mengunggah video kebakaran yang terjadi di Israel itu menyebut hal itu disebabkan terkena azab karena melarang adzan. Dalam keterangan akun itu memberikan tulisan seperti ini.

"KEBAKARAN BESAR di ISRAEL, Katanya sih gara gara menentang kumandang azan akhirnya kena azabnya kan dari ALLAH SWT, Tapi beritanya ntah bener atau tidak ane tidak tahu, ...?"

Hingga saat ini belum ada klarifikasi selanjutnya dari pihak pemerintah Israel terkait penyebab terjadinya kebakaran. [Radar Islam/ Bs]


Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :