Uc Banner

6 Keuntungan Gemar Bersedekah, Hidup Mudah, Pahala dan Rezeki Semakin Berlimpah

Radarislam.com ~ Sedekah merupakan satu kegiatan yang dicintai oleh Allah SWT dan juga Rasulullah. Sedekah mengandung banyak manfaat yang sangat baik bagi kita maupun orang yang menerimanya.

Sedekah bukan hanya mengeluarkan atau menyumbangkan harta saja. Namun juga amal dan perbuatan yang baik. dalam hadits sudah digambarkan
“Memberikan senyuman pada saudaramu adalah sedekah.”

Sedekah merupakan air yang mengalir lebih menyegarkan dan menyehatkan. Air yang tak mengalir akan menimbulkan bau dan penyakit. begitu juga dengan sedekah.  Itu akan membersihkan harta dan rezeki kepunyaan kita. Jika tidak disedekahkan, harta itu bisa menjadi penyakit yang bisa berupa sulit hidup, rezeki, bisnis, usaha, jodoh dan lainnya.

Inilah keutamaan mereka yang gemar sedekah:
  1. Pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah
  2. Bisa menghapuskan dosa-dosa terdahulu
  3. Memadamkan panasnya dalam kubur
  4. Bisa mengobati berbagai penyakit
  5. Bisa menambah harta kekayaan
  6. Memperpanjang umur atau usia
Tak hanya bisa membersihkan harta, sedekah juga akan melipatgandakan pahalah dan rezeki seperti yang dijanjikan oleh Allah.

“Sungguh orang yang suka sedekah baik lelaki maupun wanita dan meminjamkan Allah dengan pinjaman yang baik maka akan dilipatgandakan pahalanya kepada mereka dan memberikan pahala yang sangat banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

Selain itu, Allah juga akan menghapuskan berbagai dosa yang kita miliki. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

“Sedekah bisa menghapus dosa sebagaimana air bisa memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

 Dosa ini Lebih Keji Dari Zina Tapi Paling Sering Dilakukan Wanita
Dosa ini Lebih Keji dari ZINA
Luar biasa memang kekuasaan Allah SWT. Hanya dengan bersedekah, maka dosa-dosa kita akan dihapuskan dengan begitu mudahnya seperti air yang memadamkan api. Tapi tentu saja tidak semua sedekah bisa menghapuskan dosa karena jika harta yang disedekahkan diperoleh dari hasil yang haram tentu tak akan bisa menghapuskan dosa yang kita miliki.

Siapa sangka bahwa sedekah juga bisa menyembuhkan penyakit. namun itu memang benar adanya.

Rasulullah bersabda.

“Jagalah harta kalian dengan zakat dan obatilah orang sakit dengan sedekah dan tolak bala dengan doa.”

Dengan sedekah maka penyakit hati akan sembuh karena sedekah bisa membersihkan hati dan pikiran. Atas seizin Allah, penyakit-penyakit orang-orang yang gemar bersedekah akan sembuh.

Ini Kata Quraish Shihab Perihal Tafsir Surat Al Maidah Ayat 51
Tafsir Al-Maidah 51
Itulah sebagian kecil keuntungan yang Allah berikan untuk kita. Masih banyak lagi keuntungan yang akan Allah berikan jika kita rela bersedekah di jalanNya. Tetapi alangkah bagusnya kalau kita meniatkan sedekah itu semata-mata untuk Allah saja tanpa mengharapkan banyak balasan. Hakikatnya hidup kita dan mati kita hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. [Radar Islam/ Dakwatuna]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...