Uc Banner

Allahuakbar!! Presiden Gambia Ini Akan Mendeklarasikan Negaranya Menjadi Republik Islam

Radarislam.com ~ Allahuakbar!! Alhamdulilah, Presiden Gambia Yahya Jammeh sudah mulai mengeluarkan pengumuman utama. Dia akan mendeklarasikan negaranya menjadi Republik Islam. Gambia semula merupakan negara yang berpedoman atas sekuleritas. 

Yahya berpendapat Gambia tak akan menjaga bentuk negara yang sekuler itu karena itu merupakan warisan zaman kolonial dulu. Umumnya, sekulerisme sudah ditinggalkan negara-negara di kawasan Afrika Barat.

Gambia adalah salah satunya. Negara yang kecil di Afrika daratan ini sangatlah unik. Jika Senegal dikira mulut maka Gambia dianggap lidah. Negara Gambia bersebelahan dengan Senegal pada samping utara, timur serta selatan. Sungai Gambia membentang di bagian tengah serta mengalir ke Samudra Atlantik yang terletak di sebelah barat.

Reuters menyebutkan pernyataan dari Presiden Yahya, “Gambia akan menjadi negara Islam yang sejalan dengan jati diri agama serta negara ini dan dari nilai-nilai. Gambia adalah negara Islam,” ujar Jammeh di stasiun TV.

“Sebagaimana Muslim, sebagian besar di negeri ini, Gambia tidak bsia meneruskan warisan kolonial,” ujarnya lagi.

Populasi di Gambia hanya 1,8 juta orang. 95% nya menganut agama Islam. Presdiden Yahya Jammeh menyampaikan bahwa penganut agama lain bisa adaptasi di Gambia. 

Jammeh telah berkuasa di Gambia selama 21 tahun. Di tahun 2013, Yahya Jammeh membuat dobrakan yang menyebutkan bahwa negaranya akan keluar dari negara persemakmkmuran yang dia anggap sebagai neo colonial.

Doakan Gambia ya, semoga Presidennya bisa menerapkan syariat-syariat Islam di dalam kehidupan masyarakatnya. [Radar Islam/ Bs]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...