Bank Indonesia Resmi Terbitkan Uang Baru, Siapa Pahlawan dan Bagaimana Bentuknya? - Radar Islam

Bank Indonesia Resmi Terbitkan Uang Baru, Siapa Pahlawan dan Bagaimana Bentuknya?

Radarislam.com ~ Bank Indonesia mulai mengeluarkan pecahan uang desain baru untuk sistem pembayaran tunai. Itu terdiri dari tujuh pecahan yang Rupiah kertas dan empat pecahan uang Rupiah logam dengan gambar para pahlawan.

Bank Indonesia merilisnya secara resmi pada tanggal 14 September 2016. Uang pecahan kertas itu terdiri dari pecahan Rp 100 ribu hingga Rp 1000. Uang logam terdiri dari pecahan Rp 1000 sampai Rp 100.

Uang kertas Rp 100 ribu tetap akan bergambar dua bapak proklamator Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Sedangkan uang Rp 50 ribu akan memasang gambar Ir. H. Djuanda. Uang Rp 20 ribu bergambar Dr. G.S.S.J Ratulangi. Untuk uang Rp 10 ribu memasang gambar Frans Kaisisepo dan pahlawan Dr. K.H. Idam Chalid pada uang pecahan Rp 5 ribu.


Sedangkan untuk uang Rp 2 ribu dan Rp 1 ribu masing-masing menggunakan gambar pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin dan Tjut Meutia.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Suhaedi, uang pecahan tahun emisi 2016 ini akan dilengkapi dengan unsur-unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menghindari beredarnya uang palsu. Setelah uang pecahan beredar, uang yang lama masih berlaku. Secara perlahan, BI akan mengumumkan uang pecahan yang mana dan emisi tahun berapa yang akan ditarik.

Jika sudah demikian, masyarakat akan diminta untuk menukarkan uang lamanya dengan uang baru terhitung maksimal 10 tahun setelah uang baru dikeluarkan.

Di sejumlah media sosial, foto-foto yang menunjukkan gambar uang pecahan baru sudah beredar dan menjadi viral. Namun untuk pastinya tampilan uang baru, akan diumumkan di website resmi BI pada hari Senin (19/12/2016). Sementara itu, kompas.com melansir bahwa peluncuran uang itu akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
BI secara resmi menyatakan bahwa gambar 12 orang pahlawan nasioanl tersebut bertujuan supaya masyarakat lebih mengenal pahlawan nasional. Selain itu, penggunaan gambar pahlawan nasional juga bertujuan menumbuhkan semangat kepahlawanan, perjuangan dan sikap teladan yang akan mendorong semangat bangsa untuk melahirkan karya terbaik bagi bangsa dan negara.
[Radar islam/ Tribunnews]
Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...