Inilah Keunikan Uang Rupiah yang Tidak Dipunyai Mata Uang Negara Lain

Radarislam.com ~ Baru-baru ini Bank Indonesia mengeluarkan uang pecahan yang baru. Uang keluaran yang paling baru ini mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat Indonesia. Warna uang yang mencolok adalah salah satu faktor keunikannya. Selain itu 12 tokoh pahlawan yang terpampang ditiap lembaran-lembaran uang tersebut, ternyata uang rupiah termasuk unik dan juga menarik dibanding dengan uang dari negara lain.

Mata uang Indonesia yang terbaru ternyata tak hanya mendapatkan banyak perhatian dari penduduk lokal namun juga dunia. Mengapa? Ini merupakan sejumlaha alalan uang Rupiah menjadi sorotan dunia.

1. Desain yang Unik
Keberagaman desain mata uang Rupiah terbaru menjadi keunikan tersendiri mulai warna hingga tokoh-tokoh pahlawan.Bahkan seri teranyar ini menampilkan gambar pahlawan dan pemandangan alam atau budaya untuk setiap lembaran uang kertas yang beraneka ragam.

Namun yang menjadikan uang-uang Rupiah unik adalah uang Indonesia berbeda dengan beberapa negara. Sejumlah negara di dunia ini menampilkan desain terbatas. Sedangkan di Indonesia, uang kertas selalu berubah dari waktu ke waktu.

2. Banyak Denominasi

Keunikan yang lain adalah banyaknya denominasi dalam uang Rupiah alias banyak nol-nya. Ini memang berbeda dengan mata uang sejumlah negara yang lain yang mana hanya menggunakan sedikit nol saja. Contohnya dalam 1 dollar uang Amerika jika dikonversikan dalam mata uang rupiah maka akan menggunakan 7 angka.

Tetapi menurut informais yang paling baru, Bank Indonesia memberikan usul redominasi rupiah dengan membuang 3 angka nol. Jadi uang Rp 100 ribu akan menjadi Rp 100. Langkah itu bertujuan memudahkan transaksi khususnya yang bernilai jutaan.
 

Baca Juga:
Bank Indonesia Resmi Terbitkan Uang Baru, Siapa Pahlawan dan Bagaimana Bentu Penampakannya?
Wahai Suami, Pemberian Kepada Istrimu Itulah Ladang Pahala
Beli Motor CBR Dengan Uang Koin dan Sempat ditolak 7 kali, Pria Ini Bikin Pegawai Dealer Kewalahan

Walaupun dinilai memiliki banyak keuntungan, hal ini juga bisa mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan peningkatan devaluasi rupiah. [Radarislam/ Palingseru]
Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...