Ketahuilah Muslimah, Sholat di Rumah Sendiri Jauh Lebih Baik Dibandingkan di Masjid - Radar Islam
loading...

Ketahuilah Muslimah, Sholat di Rumah Sendiri Jauh Lebih Baik Dibandingkan di Masjid

close

Radarislam.com ~ Islam terkenal sebagai agama yang menunjung tinggi martabat seorang wanita. dalam Al Quran, wanita diminta untuk tetap tinggal di rumah.

“Dan hendaklah kamu tetap berada di rumahmu..” (Al Ahzab 33)

Islam juga menyarankan supaya muslimah melakukan sholat di rumah saja. Bahkan sholat yang dilakukan oleh muslimah di rumah lebih baik daripada di masjid dengan alasan kehormatan, kesucian diri dan kemuliaan.

Islampos mengutip bahwa sikap ini menggambarkan akhlak mulia seorang shabiyat. Dia melaksanakan petunjuk dari Muhammad SAW untuknya yaitu sholat di rumah sebab ini lebih baik baginya.

Ath Thabrani dan lainnya juga meriwayatkan dari Ummu Humaid, istri Abu Hamid RA: Ummu Humaid berkata “Saya mengatakan kepada Rasulullah ‘Wahai Rasulullah! Para suami kamu melarang kamu sholat di masjid. Rasulullah SAW pun bersabda

صَلَاتُكُنَّ فِي بُيُوتِكُنَّ خَيْرٌ مِنْ صَلَاتِكُنَّ فِي حُجَرِكُنَّ، وَصَلَاتُكُنَّ فِي حُجَرِِكُنَّ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاتِكُنَّ فِي دُوْرِكُنَّ وَ صَلَاتِكُنَّ فِي دُوْرِكُنَّ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاتِكُنَّ فِي الجَمَاعَةِ

“Sholat kalian di tempat tidur lebih baik daripada sholat kalian di kamar kalian. Sholat kalian di kamar kalian lebih baik daripada di rumah kalian dan sholat kalian di rumah lebih baik dari di masjid.”

Ummu Humaid –radhiyallāhu ‘anhā– menuturkan bahwasanya ia pernah datang kepada Nabi Shalallaahu’alaihi wa Sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku senang shalat (berjamaah) bersamamu.” Rasulullah berkata:

قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّيْنَ الصَّلَاةَ مَعِيْ ، وصَلَاتُكِ فِيْ بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلَاتِكِ فِيْ حُجْرَتِكِ، وَ صَلَاتُكِ فِيْ حُجْرَتِكِ خَيْرٌ مِنْ صَلَاتِكِ فِيْ دَارِكِ، وَ صَلَاتُكِ فِيْ دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلَاتِكِ فِيْ مَسْجِدِ قَوْمِكِ ، وَ صَلَاتُكِ فِيْ مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلَاتِكِ فِيْ مَسْجِدِيْ

“Aku tahu kamu senang shalat bersamaku, akan tetapi shalatmu di tempat tidurmu lebih baik daripada shalatmu di kamarmu, shalatmu di kamarmu lebih baik daripada shalatmu di rumahmu dan shalatmu di rumahmu lebih baik daripada shalatmu di masjid kaummu, dan shalatmu di masjid kaummu lebih baik dari shalatmu di mesjidku.”

Perawi hadits pun juga mengatakan “Setelah itu dia meminta dibangunkan tempat sholat pada bagian dalam rumahnya dan paling gelap. Dia selalu melakukan sholat di situ sampai wafat.”

Hadits ini menurut Al Haitsami dalam Majma’ az-Zawa’id mengatakan “Diriwayatkan oleh Ahmad. Para perawinya adalah shahih kecuali Abdullah bin Suwaid Al Anshari, dia dinilai tsiqah (perawi yang bisa dipercaya) oleh Ibnu Hibban.

Penggalan kisah pada hadits tersebut menerangkan kepada muslimah kesungguhan shahabiyah yang mulia ini dalam mengamalkan Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW. Sebab, ketika Nabi SAW menjelaskan bahwa sholat di dalam rumah itu lebih baik baginya. Dia tidak membantah, tak mengajukan protes dan tak mengeluh.
- Tendang Ibu Yang Mau Sholat Maghrib, Gadis ini Langsung Kejang Dan Keluarkan Lolongan Seperti Anjing
- Ngeri, Inilah 15 Jenis Siksaan bagi Orang yang Berani Meninggalkan Sholat Wajib

Dia telah tahu bahwa Rasulullah SAW akan memerintahkan sesuatu kepadanya kecuali apa yang terbaik bagi dirinya.
[Radar Islam/ IP]

Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...