Uc Banner

KH Maimoen Zubair : Masa Khalifah Sudah Habis, Indonesia Harus Tetap Bhineka Tunggal Ika

Radarislam.com ~ Salah satu kiai besar PBNU KH Maimoen Zubair menuturkan bahwa persatuan dan kesatuan sangatlah penting. Kiai yang kini berumur 91 tahun itu mengatakan bahwa Indonesia harus tetap Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun banyak yang berbeda agama, namun prinsip itu haruslah dijaga.

“Marilah kita menjaga keutuhan tanah air. Kita akan membuat Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Minta kepada Allah supaya Indonesia menjadi kuat,” serunya pada puluhan Pimpinan GP Ansor dan Banser di Rembang, Jawa Tengah.

Beliau mengatakan bahwa keislaman Indonesia cukup ramai. Dia bercerita masa kecilnya. Orang-orang yang sembahyang bisa dihitung dengan jari dan membaca syahadat ketika hendak kawin. Namun sekarang anak-anak pun sudah bisa membaca kedua kalimat syahadat.

“Inilah yang patut disyukuri oleh Indonesia,” jelas Pengasuh Ponpes Al Anwar tersebut.
Mbah Moen, begitu dia disapa, menambahkan bahwa Nabi diutus untuk menjawab masalah secara umum bukan satu saja.

“Indonesia ini kan beragam agamanya. Jadi harus tetap bersatu. Tidak hanya ada negara Islam karena itu sudah tidak ada lagi. Masa kekhalifahan sudah habis,” ujar kiai itu.

Mbah Maimun pun menambahkan pesan kepada rakyat Indonesia supaya menjaga kondisi negara dari carut marut bangsa.

“Islam harus rahmatan lil alamin. Di islam harus ada ulama, bangsa apalagi. NU pun harus bisa mengaji kitab dan baca Quran,” pungkasnya. [Radar Islam/ Nu.or.id]
Sukai Artikel ini

Share This !

Baca Juga :