Menyibak Misteri Pohon Tuba Dalam Islam, Salah Satu Tumbuhan Di Surga

Radarislam.com ~ Siapa yang tidak menginginkan surga? Tempati tu telah mendapatkan kelimpahan nikmat dari Allah SWT. Kelak, surga akan dihuni oleh para hamba yang bertaqwa dan beriman serta mengerjakan amal saleh semasa di dunia.

Terdapat banyak hal yang menjabarkan kondisi surga di akhirat kelak dalam Al Quran.  Di samping kenikmatan yang akan diperoleh penghuninya, Allah juga menjelaskan bahwa ada bermacam-macam tumbuhan yang salah satunya adalah pohon tuba.

Pohon ini merupakan salah satu bentuk kuasa Allah yang ditujukan untuk hambaNya yang kelak menghuni surga. Bagaimana rupa pohon tuba yang terdapat di surga ini?

Pohon tuba adalah pohon yang luas dan besar. Dalam suatu riwayat, dikatakan bahwa untuk melewatinya dari satu sisi ke sisi yang lain, seseorang perlu waktu 100 tahun perjalanan dengan kuda yang super cepat. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

“Sungguh dalam surga terdapat sebuah pohon. Jika orang-orang yang berjalan dengan mengendarai kuda cepat selama 100 tahun dan tidak akn putus ketika mengelilinginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tak hanya luas membentang, pohon tuba juga mempunyai air yang tercurah dan buah yang banyak.

“Dan nanungan pohon yang terbentang luas. Air yang tercurah. Buah yang banyak. Yang tak henti buahnya serta tidak terlarang mengambilnya.” (QS. Al Waaqi’ah: 30-33).

Pohon tuba juga memberikan pakaian-pakaian untuk para penghuni surga. Ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW.
“Tuba adalah satu pohon di surga yang besarnya seperti perjalanan seratus tahun lamanya. Pakaian-pakaian para ahli surga keluar dari tangkainya.” (HR. Ibnu Jarir)

[Radar Islam/ Infoyunik]
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...