Selamat! Kalahkan Vietnam Dengan Agregat 4-3, Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2016



Radarislam.com ~ Tim nasional Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 setelah bermain melewati laga yang dramatis imbang 2-2 selama 120 menit melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12). Hasil itu membuat Indonesia lolos dengan agregat 4-3 setelah pertandingan pertama di Stadion Pakansari berakhir dengan skor 2-1.

Vietnam yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-77 tak mau menyerah dan terus memberikan perlawanan ketat. Vietnam bermain 10 orang setelah penjaga gawang Tran Nguyen Manh menendang Bayu Pradana sehingga wasit mengeluarkan kartu merah.

Bahkan, dalam kondisi 10 orang itu Vietnam sempat mencetak dua gol di 10 menit akhir pertandingan sehingga memaksakan perpanjangan waktu. Sebelumnya, Indonesia unggul lebih dulu lewat kaki Stefano Lilipaly di menit ke-54.

Pada babak pertama, Indonesia sangat kesulitan untuk keluar dari tekanan. Bahkan, dari 45 menit pertama, Indonesia hanya bisa mencetak satu tembakan yaitu melalui Boaz Solossa.

Indonesia unggul lebih dahulu di menit ke-54. Dalam skema serangan balik, Boaz Solossa bergerak cepat untuk menusuk lewat sayap kanan. Boaz kemudian mengirimkan umpan silang yang salah diantisipasi bek Vietnam. Lilipaly kemudian bergerak cepat menyambar bola dan mencetak gol untuk Indonesia. Stadion My Dinh yang terisi penuh pun mendadak sunyi karena gol Lilipaly tersebut.

Dalam situasi terjepit, Vietnam justru sukses mencetak gol penyama kedudukan. Vi Van Thanh menerima umpan tarik dari tendangan bebas menghujamkan bola ke gawang Kurnia Meiga di menit ke-83. Vietnam terus menerus menggempur dan akhirnya berbalik unggul di menit ke-92 lewat aksi individual Vu Min Thuanh.  

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia menyamakan kedudukan berkat penalti Manahati Lestusen. Wasit menunjuk titik putih setelah Ferdinand Sinaga dijatuhkan kiper dalam skema serangan balik. Dalam skor 2-2, Vietnam membutuhkan dua gol tambahan karena Indonesia unggul gol tandang. Mereka pun tak mau menyerah dan terus menciptakan peluang.

Gelar Juara Piala AFF 2016 Didepan Mata
Tapi hingga wasit membunyikan peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta sehingga Indonesia pun lolos ke final. [Sumber: CNN Indonesia]

Susunan pemain kedua tim:

Vietnam: Tran Nguyen Manh; Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong); Nguyen Van Toan (Vu Minh Tuan), Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong)
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia: Kurnia Meiga (PG); Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar), Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun), Rizky Pora; Boaz Solossa (Ferdinan Sinaga)
Pelatih: Alfred Riedl.
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...