Inilah Dahsyatnya 6 Nasehat Imam Ghazali Yang Penuh Makna Kepada Muridnya

close
Radarislam.com ~ Imam Ghazali merupakan salah satu cendekiawan Muslim terbesar. Suatu ketika, dia pernah memberikan nasehat kepada murid-muridnya tentang apa yang paling dekat, paling jauh, paling berat, paling besar, paling ringan dan paling tajam.

Nasehat tersebut adalah nasehat yang kaya akan makna. Jika seseorang menyadari apa yang disampaikan oleh Imam Ghazali, dia akan menjadi Muslim yang baik di dunia dan akhirat.

Inilah nasehat Imam Ghazali tersebut:

1. Yang paling dekat adalah mati

Pertama,"Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman,dan kerabatnya. Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar. tetapi yang paling dekat dengan kita adalah "MATI". Karena mati adalah keniscayaan pada tiap-tiap yang bernyawa.

2. Yang paling jauh adalah masa lalu

"Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab bulan, matahari, dan bintang-bintang. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan adalah benar. Tapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Jadi jangan membanggakan masa lalu. Teruslah meningkatkan kebaikan untuk hari ini dan esok.

3. Yang paling besar adalah nafsu

"Apa yang paling besar di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, lautan dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "NAFSU" (Al A'Raf 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Karena seringkali nafsu menjerumuskan manusia ke lembah kenistaan sehingga kehidupan di dunia hancur lebur dan azab akan menunggu setelah kematian.

4. Yang paling berat adalah menanggung amanah

"Apa yang paling berat di dunia ini?". Ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban itu benar, kata Imam Ghozali. Tapi yang paling berat adalah "memegang AMANAH" (Al Ahzab 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini.

Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, Tapi banyak dri mereka yang tidak sanggup menanggung amanah sehingga masuk ke dalam neraka.

5. Yang paling ringan adalah meninggalkan sholat

Pertanyaan yang ke lima adalah, "Apa yang paling ringan di dunia ini?".
Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling ringan di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Gara-gara pekerjaan kita tinggalkan sholat.

Manusia rela meninggalkan sholat hanya karena sibuk. Padahal sholat adalah tiangnya agama. Jika menuruti kesibukan dan kesenangan, manusia tiada beda dengan hewan.

6. Yang paling tajam adalah lidah

Imam Ghozali kemuadian bertanya lagi, "Apakah yang paling tajam di dunia ini?"
Murid-muridnya menjawab dengan serentak, pedang... Benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling tajam adalah "LIDAH MANUSIA". Karena melalui lidah, Manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.
 

Artikel Terkait:
- Abu Bakar Al Kattani dan Kisah Pertemuannya dengan Nabi Khidir
- Kisah Wali Jadzab yang Nyeleneh Ini Akan Membuat Anda Terkagum-kagum, Bacalah Sampai Tuntas
- Imam Al-Ghazali : Meski Cantik, Jangan Nikahi 6 Tipe Wanita Ini!

Kita sering mendengarkan pepatah bijak tentang bahaya lidah yaitu “Luka karena pedang bisa dicari obatnya, luka karena lidah kemana hendak mencari obat?” [Radar Islam/ Bs]
Loading...
Sukai Artikel ini

Share This !

Loading...
loading...